Presiden Minta Anggaran Tidak Terduga Bisa Digunakan Menyelesaikan Inflasi di Daerah, Menekan Kenaikan Harga

- 29 Agustus 2022, 19:35 WIB
Presiden Minta Anggaran Tidak Terduga Bisa Digunakan untuk Menyelesaikan Inflasi di Daerah, Sekaligus Menekan Kenaikan Harga
Presiden Minta Anggaran Tidak Terduga Bisa Digunakan untuk Menyelesaikan Inflasi di Daerah, Sekaligus Menekan Kenaikan Harga /BPMI SATPRES/

Literasi News - Presiden Jokowi mendorong adanya anggaran tak terduga yang dapat digunakan untuk menutup biaya transfortasi dalam pengiriman komoditas antardaerah, sekaligus menyelesaikan inflasi di daerah.

Menteri Dalam Negeri diminta mengeluarkan surat keputusan atau surat edaran dalam mendukung kebijakan yang menyatakan anggaran tidak terduga bisa digunakan untuk menyelesaikan inflasi di daerah.

Meski pertumbuhan ekonomi dalam beberapa bulan terakhir membaik, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menekankan agar tetap waspada menyikapi ketidakpastian global pada tahun-tahun mendatang.

Baca Juga: Dana Pengalihan Subsidi BBM Rp 24,17 Triliun akan Disalurkan ke Bansos, Simak Penjelasan Menteri Keuangan

“Saya ingin bupati, wali kota, gubernur betul-betul mau bekerja sama dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di daerah dan Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP). Tanyakan di daerah kita apa yang harganya naik, yang menyebabkan inflasi,” ujarnya.

Inflasi menjadi momok bagi semua negara di tengah situasi "The Perfect Storm". Situasi dunia tidak sedang baik-baik saja.

Ketika semua negara masih dalam pemulihan dampak Covid-19, terjadi konflik Rusia-Ukraina. Pasokan pangan dan energi menjadi seret sehingga memicu kenaikan harga.

Baca Juga: Jadwal Acara RCTI Hari Ini Senin 29 Agustus 2022: Ikuti Ikatan Cinta, Indonesia Got Talent, Preman Pensiun 6

Menurut Presiden, untuk menekan kenaikan harga komoditas yang berdampak pada inflasi di suatu daerah dapat dilakukan dengan mendatangkan komoditas itu dari daerah lain yang memiliki pasokan melimpah.

Menyangkut mahalnya biaya transportasi yang kerap menjadi kendala dalam pengiriman komoditas antardaerah, Presiden Jokowi pun mendorong adanya anggaran tak terduga yang dapat digunakan untuk menutup biaya tersebut, sekaligus menyelesaikan inflasi di daerah.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x