Profil Azwar Anas Menteri PANRB yang Baru Dilantik Jokowi, Sosok Muda Pemegang Kendali Reformasi Birokrasi

- 8 September 2022, 19:19 WIB
Profil Azwar Anas Menteri PANRB yang Baru Dilantik Jokowi, Sosok Muda Pemegang Kendali Reformasi Birokrasi
Profil Azwar Anas Menteri PANRB yang Baru Dilantik Jokowi, Sosok Muda Pemegang Kendali Reformasi Birokrasi /Tangkapan layar Instagram Kemenpanrb

Literasi News - Sejumlah pekerjaan rumah strategis Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (PANRB) menunggu sentuhan pemimpin baru, mantan Bupati Banyuwangi yang aktif sebagai warga Nahdlatul Ulama.

Dia adalah Abdullah Azwar Anas, sosok Menteri PANRB yang dilantik Presiden Joko Widodo menggantikan almarhum Tjahjo Kumolo di Istana Negara, Jakarta, Rabu 7 September 2022.

Perjalanan kariernya diawali dengan menjadi seorang reporter Radio Prosonalia FM di Jember dan Jakarta pada tahun 1990 hingga 1992. Azwar Anas dikenal aktif dalam organisasi Nahdlatul Ulama. Ia pernah menjabat posisi penting dalam organisasi Islam terbesar se-Indonesia itu.

Baca Juga: Kumichou Musume to Sewagakari Episode 10 Sub Indo, Tersedia 2 Link Nonton Resmi Bukan Otakudesu dan Anoboy

Pada tahun 2000 hingga 2003, Azwar Anas menjadi Ketua Umum Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama. Kemudian tahun selanjutnya dipercaya sebagai Ketua PP GP Ansor tahun 2004 hingga 2009.

Azwar Anas memulai kiprah politiknya di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Melalui PKB, ia menduduki kursi Anggota DPR RI periode 2004-2009. 

Usai dari kursi dewan, suami dari Ipuk Fiestiandani ini terpilih menjadi Bupati Banyuwangi bersama Yusuf Wisyatmoko. Dari tangan mereka berdua, Banyuwangi meraih banyak prestasi dan penghargaan dari berbagai pihak.

Baca Juga: Nonton Bucchigire Episode 10 Sub Indo Resmi, Simak Jadwal Tayang dan Sinopsis Selengkapnya

Semasa kecilnya, Azwar Anas kelahiran Banyuwangi 6 Agustus 1973 ini sekolah di beberapa kota, mulai dari Banyuwangi, Sumenep, hingga Jember.

Azwar Anas pindah ke Jakarta untuk mengenyam pendidikan Fakultas Teknologi Pendidikan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta (sekarang Universitas Negeri Jakarta) dan Fakultas Sastra Universitas Indonesia. Pada 2005, ia studi S-2 pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x