Sistim Identitas Digital Bisa Hemat Anggaran Rp50-100 Miliar per Tahun, KK dan KTP-el Bisa Dipindahkan ke HP

- 29 Agustus 2022, 22:42 WIB
Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh: Sistim Identitas2 Digital Bisa Hemat Anggaran Rp50-100 Miliar per Tahun, KK dan KTP-el Bisa Dipindahkan ke HP
Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh: Sistim Identitas2 Digital Bisa Hemat Anggaran Rp50-100 Miliar per Tahun, KK dan KTP-el Bisa Dipindahkan ke HP /Dukcapil Kemendagri/

Literasi News - Penerapan Identitas Digital atau Digital ID memang tengah diujicobakan secara terbatas kepada seluruh ASN Dinas Dukcapil di 514 Kabupaten/Kota.

"Dengan ID Digital dokumen KK, KTP-el bisa kita pindahkan ke hp. Biaya pengadaan blanko KTP pun berkurang, sehingga kita akan bisa menghemat Rp50-100 miliar per tahun," ungkap Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh.

Hal itu dikatakan Dirjen Zudan saat Launching Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) dan Sosialisasi Pemanfaatan Data Kependudukan Bagi Organisasi Pemerintah Daerah di Kota Pasuruan, Jawa Timur, kemarin dikutip literasinews dari laman resmi dukcapil.

Baca Juga: RUU Sisdiknas Bawa Berita Baik bagi Guru

Menurut Zudan, pihaknya menargetkan 70 persen penduduk Indonesia nantinya bisa menggunakan KTP digital. 

"Jika identitas digital tersebut sudah resmi diterapkan, maka masyarakat akan sangat mudah mengubah dari KTP-el ke KTP digital," katanya.

"Bagi masyarakat yang sudah membuat identitas digital, maka mereka tidak perlu lagi memegang KTP-el secara fisik, karena KTP digital tersimpan di dalam handphone," sambungnya.

Baca Juga: Orient Season 2 Episode 8 Sub Indo, Tersedia 4 Link Nonton Resmi Bukan Otakudesu, Streaming Disini

Zudan menjelaskan, Dukcapil harus selalu merespons pengembangan teknologi informasi dan komunikasi agar bisa mempercepat proses pelayanan adminduk sekaligus menghemat anggaran. ***

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x