Partisipasi Perempuan di Tempat Kerja Masih Rendah Mencapai 54 persen, Sedangkan Laki-laki 82 Persen

- 29 Juli 2022, 05:40 WIB
Partisipasi Perempuan di Tempat Kerja Masih Rendah Mencapai 54 persen, Sedangkan Laki-laki 82 Persen
Partisipasi Perempuan di Tempat Kerja Masih Rendah Mencapai 54 persen, Sedangkan Laki-laki 82 Persen /Antara/

Literasi News - Di Indonesia, penduduk perempuan mencapai 49,5 persen dari total penduduk Indonesia mencapai 273 juta. Namun partisipasi perempuan di tempat kerja masih rendah mencapai 54 persen, sedangkan laki-laki sudah 82 persen.

Dengan memberdayakan perempuan sesuai potensinya, diharapkan bisa membawa ekonomi Indonesia menjadi lebih baik. Apalagi jumlah angka kerja perempuan di berbagai bidang pembangunan, setiap tahunnya terus mengalami peningkatan.

Presidensi G20 Indonesia 2022 tak luput dari penguatan peran perempuan dalam memulihkan krisis global pascapandemi Covid-19. Kesetaraan gender, keterlibatan perempuan dalam ekonomi lokal, dan digitalisasi ekonomi menjadi isu utama selama G20.

Baca Juga: Dukcapil Terbitkan Akta Kematian Jamaah Haji Meninggal Dunia Terintegrasi, data KK dan KTP Langsung Berubah

Oleh karena itu, Forum Merdeka Barat (FMB) 9, Kementerian Kominfo, seperti dirilis dari laman indonesia.go.id, menggelar sebuah diskusi secara daring bertajuk “Perempuan Berdaya untuk Pulih Bersama”.

Hadir sebagai narasumber Lenny N Rosalin, selaku Ketua Umum Panitia Nasional Ministerial Conference on Women's Empowerment (MCWE) G20 2022 Lenny N Rosalin dan Maudy Ayunda sebagai Tim Juru Bicara G20.

Lenny Rosalin menegaskan, pentingnya peran serta perempuan dalam berbagai bidang, termasuk ekonomi. Pasalnya saat ini tingkat partisipasi perempuan di tempat kerja masih rendah mencapai 54 persen, sedangkan laki-laki sudah 82 persen.

Baca Juga: Kejari Cianjur Naikkan Status Dugaan Tipikor Kasus Eks HGU di Sukaresmi ke Tahap Penyidikan

“Kita harus mengejar ketertinggalan ini, memberikan kesempatan kepada perempuan. Studinya McKinsey Global menyebutkan, kalau kita bisa menaikkan partisipasi angkatan kerja perempuan 3 persen saja, PDB Indonesia bisa naik USD135 miliar di 2025,” kata Lenny.

Di Indonesia, penduduk perempuan mencapai 49,5 persen dari total penduduk Indonesia yang mencapai 273 juta. Dengan memberdayakan perempuan sesuai potensinya, diharapkan bisa membawa ekonomi Indonesia menjadi lebih baik.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x