Pemkab Subang Tidak Ijinkan Shalat Idul Fitri di Alun-alun Termasuk Lapangan, Hanya Boleh Di Mesjid Lingkungan

- 11 Mei 2021, 19:46 WIB
Pemkab Subang Tidak Ijinkan Shalat Idul Fitri di Alun-alun Termasuk Lapangan, Hanya Boleh Di Mesjid Lingkungan
Pemkab Subang Tidak Ijinkan Shalat Idul Fitri di Alun-alun Termasuk Lapangan, Hanya Boleh Di Mesjid Lingkungan /Humas Pemkab Subang/

Literasi News - Pemerintah Kabupaten Subang memutuskan tidak mengijinkan pelaksanaan Shalat Idul Fitri di lapangan-lapangan termasuk Alun-Alun Subang maupun Mesjid Agung.

Shalat Idul Fitri hanya boleh dilaksanakan di masjid-masjid lingkungan sekitar. Itupun dengan syarat tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan. Kemudian membatasi durasi pelaksanaannya, tidak terlalu lama.

Hal iti bertujuan agar tidak menimbulkan banyak kerumunan sebagai upaya mencegah timbulnya klaster Covid-19. Keputusan itu diambil berdasarkan hasil rapat terkait Pelaksanaan Sholat Idul Fitri di Kabupaten Subang.

Baca Juga: Akibat Cemburu, DB Tega Membakar Hidup-hidup Kekasihnya. Setelah Kabur Seminggu, Tersangka Diringkus Polisi

Demikian dikatakan Sekda Subang Asep Nuroni. Setelah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dilihat dari pemetaan zona di daerah masih berbeda-beda, dirinya memutuskan Shalat Idul Fitri bisa dilaksanakan, tetapi catatan tidak dilakukan di Alun-Alun Subang ataupun Masjid Agung seperti biasanya.

Ia menghimbau para OPD beserta dinas terkait untuk melakukan pencegahan Covid-19. "Silahkan, masyarakat bisa melaksanakan Sholat Idul Fitri dengan khusyuk karena sebagai bagian dari keutamaan ibadah umat muslim. Namun dengan catatan memperhatikan protokol kesehatan," ujarnya.

Baca Juga: Pemerintah Salurkan BLT Dana Desa Rp2,27 Triliun, Upaya Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

"Saya meminta dukungan kepada semua pihak daripada kita mengambil resiko. Dengan melihat beberapa fakta yang dilaporkan, Saya putuskan Sholat Idul Fitri dapat dilaksanakan di masjid masing- masing daerah, tapi tetap menerapkan protokol kesehatan," tambahnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Subang Agus Sutisna, dari pantauan timnya selama bulan suci Ramadhan masyarakat sudah bisa menjaga protokol kesehatan dengan baik dalam hal beribadah.

Menurutnya prinsip dalam pelaksanaan sholat Ied memang harus dilaksanakan karena ghirah umat Islam dalam pelaksanaan Idul Fitri yang berlangsung setahun sekali, namun tetap harus memperhatikan beberapa kemungkinan dengan menerapkan protokol kesehatan dan melihat pemetaan zona-zona di daerah lainnya.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x