Amalan Sunnah yang Bisa Dilaksanakan pada Sembilan Hari Pertama Dzulhijjah, Menjelang Hari Raya Idul Adha

- 2 Juli 2022, 11:04 WIB
Amalan Sunnah yang Bisa Dilaksanakan pada Sembilan Hari Pertama Dzulhijjah, Menjelang Hari Raya Idul Adha
Amalan Sunnah yang Bisa Dilaksanakan pada Sembilan Hari Pertama Dzulhijjah, Menjelang Hari Raya Idul Adha /Literasi News/Hasbi NR

Literasi News - Bulan Dzulhijjah tidak hanya identik dengan hari raya Idul Adha dan ibadah haji, sebelum hari H terdapat keutamaan ibadah puasa sunnah pada tanggal satu sampai sembilan Dzulhijjah.

Oleh karena itu, pada bulan Dzulhijjah, kita dianjurkan memperbanyak ibadah, seperti dzikir, sedekah, membaca Al-Quran, dan berbagai amalan sunnah lainnya.

Dilansir Literasinews dari laman islam.nu.or.id, disabdakan Rasulullah ﷺ "Tidak ada hari dimana amal shalih padanya lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yakni 10 hari pertama Dzulhijjah. Para sahabat bertanya: ‘Tidak juga dari jihad fi sabilillah?’ Beliau menjawab: ‘Jihad fi sabilillah juga tidak, kecuali seseorang yang keluar dengan diri dan hartanya lalu ia tidak kembali dengan satu pun dari keduanya.”

Baca Juga: Berikut Keutamaan Ibadah Puasa Sunnah Sembilan Hari Menjelang Idul Adha, Pahala Berlipat Ganda, Dosa Dihapus

Hadits tersebut mengungkapkan anjuran untuk memperbanyak ibadah pada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, amal ibadah apa saja, di antaranya membaca Al-Qur’an, berdzikir, bertasbih, bersilaturahim, dan berpuasa.

Ibnu Hajar (w. 1449 M) dalam Fath al-Bârî menjelaskan, keistimewaan sepuluh hari pertama tersebut disebabkan pada hari itu terkumpul ibadah-ibadah utama, yaitu shalat, puasa, sedekah, dan haji. Sesuatu yang tidak ditemukan di bulan lain. (Ibnu Hajar, Fath al-Bârî, juz 3, h. 390).

Lebih tegas lagi, Syekh Zakaria al-Anshari (w. 1520 M) dalam Asnâ al-Mathâlib menjelaskan, pada tanggal satu sampai sembilan Dzulhijjah, disunnahkan untuk berpuasa.

Baca Juga: Jadwal Acara RCTI Hari Ini, 2 Juli 2022: Aku Bukan Wanita Pilihan Tak Tayang, Junior MasterChef, Idola Cilik

Untuk tanggal satu sampai tujuh disunnahkan bagi orang yang sedang menunaikan ibadah haji ataupun tidak, sementara tanggal delapan (hari Tarwiyyah) dan sembilannya (hari ‘Arafah), hanya disunnahkan bagi yang tidak sedang melaksanakan ibadah haji.***

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x