Jadwal Puasa Syawal 2022 Setelah Hari Raya Idul Fitri, Lengkap dengan Niat Puasa Syawalan 1443 Hijriah

- 2 Mei 2022, 12:00 WIB
Jadwal Puasa Syawal 2022 Setelah Hari Raya Idul Fitri, Lengkap dengan Niat Puasa Syawalan 1443 Hijriah
Jadwal Puasa Syawal 2022 Setelah Hari Raya Idul Fitri, Lengkap dengan Niat Puasa Syawalan 1443 Hijriah /Tangkap layar Instagram @anneratna82

Literasi News - Berikut ini jadwal puasa Syawal 2022 setelah Hari Raya Idul Fitri, Lengkap dengan Niat Puasa Syawalan 1443 Hijriah ada pada artikel ini.

Puasa Syawal merupakan puasa sunnah selama 6 hari yang dikerjakan di bulan Syawal atau setelah Ramadhan.

Anda bisa ketahui bacaan niat puasa syawal selama 6 hari di akhir artikel ini. Kemudian anjuran melaksanakan Puasa Syawal tercantum dalam hadist Nabi Muhammad SAW.

Nabi Muhammad SAW bersabda, orang yang melaksanakan puasa Ramadhan dan diikuti dengan puasa Syawal maka pahalanya sama dengan puasa selama satu tahun.

Baca Juga: Hukum Puasa 6 Hari Bulan Syawal Setelah Hari Raya Idul Fitri 2022, Simak Waktu Pelaksanaannya

Berikut hadistnya sebagaimana dikutip dari laman Kemenag:

“Barang siapa berpuasa penuh di bulan Ramadhan lalu menyambungnya dengan (puasa) enam hari di bulan Syawal, maka (pahalanya) seperti ia berpuasa selama satu tahun.” (HR Muslim).

Puasa syawal bisa dikerjakan mulai tanggal 2 Syawal. Sementara pada 1 Syawal dilarang (haram) berpuasa karena merupakan Hari Raya Idul Fitri. Dengan demikian, puasa Syawal bisa dikerjakan mulai Selasa, 3 Mei 2022.

Akan lebih baik jika dilakukan secara berturut selama enam hari mulai hari kedua Syawal.

Namun, jika merasa kesulitan, maka diperbolehkan tidak berurutan, asalkan berpuasa sebanyak enam hari dan masih di bulan Syawal.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x