Kapan Mulai Puasa 6 Hari di Bulan Syawal? Ini Ketentuannya, Dilengkapi Bacaan Niat Puasa Syawal

- 2 Mei 2022, 11:30 WIB
Ilustrasi : Kapan Mulai Puasa 6 Hari di Bulan Syawal? Ini Ketentuannya, Dilengkapi Bacaan Niat Puasa Syawal
Ilustrasi : Kapan Mulai Puasa 6 Hari di Bulan Syawal? Ini Ketentuannya, Dilengkapi Bacaan Niat Puasa Syawal /Freepik.com

Literasi News - Puasa Syawal merupakan puasa sunnah selama 6 hari yang dikerjakan di bulan Syawal atau setelah Ramadhan.

Anda bisa mengetahui bacaan niat puasa syawal selama 6 hari di akhir artikel ini. Anjuran melaksanakan Puasa Syawal tercantum dalam hadist Nabi Muhammad SAW.

Nabi Muhammad SAW bersabda, orang yang melaksanakan puasa Ramadhan dan diikuti dengan puasa Syawal maka pahalanya sama dengan puasa selama satu tahun.

Berikut hadistnya sebagaimana dikutip dari laman Kemenag:

Baca Juga: Jadwal Acara MNCTV Hari Ini, 2 Mei 2022: Ada Koki Koki Cilik, Rising Star Dangdut, Upin Ipin, Suparman Reborn

“Barang siapa berpuasa penuh di bulan Ramadhan lalu menyambungnya dengan (puasa) enam hari di bulan Syawal, maka (pahalanya) seperti ia berpuasa selama satu tahun.” (HR Muslim).

Puasa syawal bisa dikerjakan mulai tanggal 2 Syawal. Sementara pada 1 Syawal dilarang (haram) berpuasa karena merupakan Hari Raya Idul Fitri.

Dengan demikian, puasa Syawal bisa dikerjakan mulai Selasa, 3 Mei. Akan lebih baik jika dilakukan secara berturut selama enam hari mulai hari kedua Syawal.

Namun, jika merasa kesulitan, maka diperbolehkan tidak berurutan, asalkan berpuasa sebanyak enam hari dan masih di bulan Syawal.

Baca Juga: 25 Link Bingkai Twibbon Hari Raya Idul Fitri 2022, Buat Ucapan Lebaran, Cocok Dibagikan di Media Sosial

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x