Nuzulul Quran 2022 Tanggal Berapa ? Simak Pengertian dan Amalan yang Dianjurkan di Malam 17 Ramadhan

- 10 April 2022, 21:02 WIB
Ilustrasi : Nuzulul Quran 2022 Tanggal Berapa ? Simak Pengertian dan Amalan yang Dianjurkan di Malam 17 Ramadhan
Ilustrasi : Nuzulul Quran 2022 Tanggal Berapa ? Simak Pengertian dan Amalan yang Dianjurkan di Malam 17 Ramadhan /ANTARA FOTO/Rahmad

Literasi News - Nuzulul Quran 2022 merupakan malam turunnya Al Quran atau wahyu pertama yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril.

Peristiwa Nuzulul Quran diperingati setiap tanggal 17 Ramadhan. Nuzulul Quran 2022 merupakan salah satu peristiwa penting dalam bulan Ramadhan untuk umat Islam.

Nuzulul Quran 2022 merupakan malam penuh berkah dan Allah SWT akan melipatgandakan pahala bagi umat Islam yang memperbanyak ibadah di malam tersebut.

Nuzulul Quran 2022 tentunya sangat istimewa karena Al Quran merupakan pedoman bagi kehidupan umat manusia.

Baca Juga: Bocoran Harga HP Nokia N Gage QD 5G 2022, Ponsel Incaran Para Gamers Viral di TikTok, Kapan Rilis di Indonesia

Nuzulul Quran adalah peristiwa dimana Allah menurunkan ayat Al Quran secara utuh dari Lauhul Mahfud di langit ketujuh ke Baitul Izzah atau langit dunia. Allah memberikan wahyu tersebut kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril.

Banyak yang berbeda pendapat mengenai waktu turunnya Al Quran ini. Namun mayoritas ulama Indonesia sepakat bahwa Nuzul Quran jatuh pada tanggal 17 Ramadhan tahun Hijriah.

Ditinjau dari keputusan Kementrian Agama (Kemenag) yang menetapkan tanggal 1 Ramadhan jatuh pada Minggu, 3 April 2022. Apabila malam Nuzul Quran diperingati setiap malam 17 Ramadhan, maka Nuzulul Quran 2022 jatuh pada hari Senin, 18 April 2022.

Baca Juga: Gus Baha Ceritakan Amalan Paling Baik untuk Umat Islam, Kalian Pilih Mana ?

Dasar jatuhnya peringatan Nuzulul Quran di tanggal 17 Ramadhan adalah tafsiran dari QS. al-Anfal: 41:

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x