Untuk Apa Allah Menyuruh Kita Sholat ? Ini Penjelasan Buya Syakur

- 26 Maret 2022, 21:10 WIB
KH Buya Syakur Yasin saat menjelaskan makna Sholat
KH Buya Syakur Yasin saat menjelaskan makna Sholat /Tangkapan layar/YouTube KH Buya Syakur Yasin MA

Literasi News - Untuk apa Allah menyuruh kita Sholat ? Itu pertanyaan yang dilontarkan KH Buya Syakur Yasin dalam pengajian secara virtual atau online.

Buya Syakur lalu menceritakan pada Tahun 1991 masuk di toko buku Gramedia di Salemba. Dia melihat ada gambar telapak kaki di sampul buku dan saat dibuka isinya adalah soal fisiologis.

Baca Juga: Tata Cara Doa Ziarah Kubur Jelang Bulan Suci Ramadhan 2022

"Ternyata dari buku itu bahwa semua jaringan saraf yang ada di tubuh kita, telinga, mata, hidung, ginjal, paru-paru itu semuanya berujung pada telapak kaki," ujar Buya Syakur dalam chenel YouTube KH Buya Syakur MA.

Kemudian dalam gerakan Sholat, ramu-ramu kaki kanan dilipat dan kaki kiri ditumpuk gares (betis bagian depan) dan posisi pinggang miring. Itu menunjukan ada gerakan senam dalam Sholat.

"Saya tidak mengatakan Sholat itu senam ya. Tetapi di dalam Sholat ada unsur-unsur senamanya," jelas Buya Syakur seraya menyampaikan itu dari sisi kesehatan.

Lain dari itu dia menyampaikan bahwa Sholat mengajarkan masyarakat membangun keharmonisan. Lebih jelasnya Sholat berjamaah di masjid sehari lima waktu itu merupakan tempat untuk membangun keharmonisan bermasyarakat.

"Makanya setiap hari RT RW itu ketemu di masjid di masjid atau di mushola di situ bertegur sapa salaman apa kabar Pak Haji?
Sambil duduk bareng berdiri bareng ya kan pujian bareng semuanya setiap hari bertemu itu komunikasi langsung belum ada HP belum ada faksimili belum ada telegram cara efektif masyarakat di pertemukan sehari lima kali," bebernya.

"Sehingga ketika ada bibit-bibit percaya perpecahan di antara kita ketika bertemu sehari 5 kali itu bisa langsung dikomunikasikan," tambahnya.

Baca Juga: Kapan Puasa Hari Pertama 2022 Ramadhan 1443 Hijriah ? Simak Penjelasan Beserta Waktu Cuti Hari Raya Idul Fitri

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: YouTube KH Buya Syakur Yasin MA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x