Terapkan Ini, Agar Mood Tetap Happy di Kala Menstruasi

- 13 November 2020, 16:07 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi /

Literasi News - Pre Menstrual Syndrom atau PMS diyakini sebagai kondisi yang berkaitan dengan tubuh perempuan di kala tamu bulanan hadir.

Biasanya tidak hanya kondisi fisik yang terasa mengalami perubahan atau nyeri. Namun, kondisi emosional juga ikut berubah seperti kondisi mood yang naik turun atau Mood Swing kerap kali menjadi hal yang membut hari-hari saat menstruasi menjadi kurang menyenangkan.

Menyeimbangkan mood saat menstruasi nyatanya dapat dilakukan dengan berbagai cara yang menyenangkan. Tanpa mengurangi produktivitas keseharian kamu seperti bekerja atau hal lainnya.

Baca Juga: Hanya di Indonesia, Napi Bisa Pesan OJOL untuk Kirim Sabu ke Pelanggan

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar menjaga mood tetap happy selama menstruasi, diantaranya:
1. Konsumsi makanan yang berutrisi
Saat menstruasi tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang beragam. Mulai dari mineral, vitamin, serat, dan berbagai asupan nutrisi lainnya. Jika nutrisi tubuhmu selama menstruasi kurang terpenuhi maka tubuhmu akan mudah merasa lebih lelah sehingga membuat hari menstruasimu terasa berat. Maka mulailah menyiapkan makanan dengan nutrisi yang cukup bagi tubuhmu.

2. Lakukan Me-time dengan kegiatan yang kamu sukai
Terkadang saat menstruasi kita merasakan nyeri di beberapa bagian tubuh yang mengakibatkan produktivitas kita menjadi terganggu. Karena nyeri tersebut membuat kita menjadi merasa mager atau hanya ingin terbaring di tempat tidur seharian.

Baca Juga: Cara Sederhana Membahagiakan Diri. Tips Biar Kamu Ga Galau Lagi!

Namun, hal demikian justru hanya akan membuat rasa nyeri semakin terasa. Untuk mengalihkan rasa nyeri tersebut mulai lah melakukan me-time dengan list kegiatan yang kamu sukai. Seperti membaca novel, menonton serial tayangan TV favorit, mendengarkan music atau kegiatan lainnya yang pasti dapat membuatmu merasa tetap happy.

3. Pilih cemilan manis yang mampu merubah suasana hati.
Ada beberapa alternatif makanan manis yang dapat kamu jadikan sebagai referensi di kala menstruasi untuk meningkatkan suasana hati. Salah satu di antaranya adalah coklat.

Dikutip dari m.klikdokter.com Kementrian Kesehatan, disebutkan bahwa coklat dapat meningkatan atau memperbaiki suasana hati termasuk dapat mengatasi stress. Cara kerjanya dengan melepaskan berbagai zat stimulan yang berpotensi mempengaruhi otak. Zat tersebut disebut dengan Feniletilamin (Phenylethylamine/PEA) yang memproduksi efek antidepresi atau rasa bahagia.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x