4 Pesan Suci Leluhur Nusantara Setelah Malam 1 Suro di Tahun 2022, Begini Menurut Primbon Jawa

- 16 Juli 2022, 16:07 WIB
Ilustrasi. 4 Pesan Suci Leluhur Nusantara Setelah Malam 1 Suro di Tahun 2022, Begini Menurut Primbon Jawa.
Ilustrasi. 4 Pesan Suci Leluhur Nusantara Setelah Malam 1 Suro di Tahun 2022, Begini Menurut Primbon Jawa. /pexels /Jeswin Thomas/

Literasi News - Tahun baru Islam atau 1 Muharram akan jatuh pada tanggal 30 Juli 2022, Dimana itu juga bertepatan dengan permulaan dari bulan Suro.

Kata Suro sebenernya berasal dari kata Asyura, yang dalam bahasa Arab berarti Sepuluh, yakni pada tanggal 10 Bulan Muharram. Hal ini merujuk pada 10 hari pertama di bulan tersebut yang di anggap paling sakral.

Pada bulan Suro, banyak masyarakat yang melakukan berbagai amaliah berlatar keagamaan. Seperti berpuasa, membaca amalan, do'a dan wirid.

Baca Juga: Pemerintah Dorong Sekolah Optimalkan Pembelajaran Tatap Muka, Namun Tetap Terapkan Prokes!

Selain dari segi keagamaan, juga terdapat tradisi dan kearifan lokal yang masih sangat kental, yaitu seperti upacara mengirim doa kepada arwah leluhur, ruwatan, Larung sesaji, jamasan pusaka, dan lain sebagainya.

1 Suro tahun 2022 akan jatuh pada tahun Jawa Karyana atau juga disebut dengan tahun HA, dengan Windu Sancaya dan Wuku Merakih. Dalam tiap satuan waktu Jawa tersebut, membawa sifat dan karakter tertentu yang sudah dirumuskan oleh para leluhur Nusantara. Sehingga akan ada perbedaan sifat dan karakter dari tiap tahun Jawa.

Apabila anda peka dan sensitif, maka akan dapat menemukan beberapa pesan suci dari para leluhur sebagai bekal menghadapi tahun baru yang akan datang. Dalam hal ini tentunya adalah tahun baru Hijriah yang akan jatuh pada tanggal 30 Juli 2022.

Terdapat 4 pesan leluhur Nusantara setelah malam 1 Suro tahun 2022. Seperti dikutip literasinews.com dari kanal YouTube Nasib dan Hoki agar hidup kita lebih baik dan mulia berikut ini:

Baca Juga: Fakta-fakta Menarik Film Ivanna, Kisah Nyata yang Dibintangi Caitlin Halderman, Sonia Alyssa

1. Tahun Jawa Karyana atau tahun Ha, atau tahun Ehe

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah