Begini Bacaan Doa dan Tatacara yang Dianjurkan Saat Ziarah Kubur

- 10 Januari 2021, 12:07 WIB
Ilustrasi – Mantan Menteri Kehakiman Muladi dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal Kota Semarang, Kamis 31 Desember 2020.
Ilustrasi – Mantan Menteri Kehakiman Muladi dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal Kota Semarang, Kamis 31 Desember 2020. /Dok / Undip/

Literasi News - Berziarah ke makam Keluarga terutama Orang Tua, leluhur, atau seseorang yang di anggap mempunyai Karomah seperti Ulama, para Wali, atau Kiyai. Hal itu merupakan salah satu bentuk bakti dan penghormatan atas jasa dan pengabdiannya untuk kita maupun umat banyak.

Selain itu, ziarah kubur juga sebagai bentuk penyadaran diri bahwa kita juga pasti akan seperti mereka, mengalami kematian. Berziarah kubur bukan berarti kita menyembah atau berdo'a kepada kuburan, tetapi kita mendoakan mereka dengan harapan kita mendapat cipratan berkah dan karomah. Sehingga berimbas pada meningkatnya kualitas diri kita khususnya di hadapan Allah SWT.

Tujuan Ziarah kubur harus diluruskan niatnya dalam hati, yaitu semata-mata hanya untuk mengharap Ridha dari Allah SWT. Kemudian menjadi bahan tafakur sebagai makhluk Allah yang kelak akan berjumpa dengan kematian.

Baca Juga: Mencekam, Terdengar Gemuruh dan Teriakan Allahu Akbar Saat Terjadinya Longsor Susulan Sumedang

Bacaan serta do'a yang dilafalkan dalam Ziarah kubur juga tidak boleh menyimpang dari ajaran Islam. Berikut ini tatacara dan bacaan saat ziarah kubur:

1. Mempunyai Wudhu
Sebelum kita berziarah kubur, sangat dianjurkan untuk berwudhu terlebih dahulu agar kita suci dari hadast, karena akan ada bacaan dari Al-Qur'an yang akan di bacakan.

2. Membaca salam kepada ahli kubur ketika memasuki makam. "Assalamu alaikum ya ahlad diyar minal mukminin wa muslimin,wa inna insya Allahu bikum la hiqun, nasalullahi lana walakumul 'afyah."

Baca Juga: Ini Dua Doa yang Sangat Dianjurkan Dibaca pada Pagi Hari

3. Membaca Sholawat Hadratus Sholihin
Setelah berada di makam yang di tuju, berdiri terlebih dahulu menghadap makam dan menghadap kiblat, lalu membacakan Sholawat Hadratus Sholihin:

- SALAMULLAH YA SADAH MINARROHMAN YAGHSYAKUM. IBADALLAH JI'NAKUM QOSODNAKUM TOLABNAKUM.
- TU'INUNA TUGHITSUNA BIHIMMATIKUM WAJADWAKUM. FAHBUNA WA'TUNA 'ATOYAKUM HADAYAKUM.
- FALA KHOYYABTUMU ZONNI FAHASYAKUM WAHASYAKUM. SA'IDNA IDZ ATAYNAKUM WAFUZNA HINA ZURNAKUM.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x