Seru! Ini 5 Rekomendasi Film di Hari Guru

- 25 November 2020, 15:37 WIB
Ilustrasi: 5 rekomendasi film di hari guru
Ilustrasi: 5 rekomendasi film di hari guru /Instagram/Inten_kemdikbud

Literasi News - Hari Guru Nasional adalah saat yang tepat ya bagi kita untuk memberikan ucapan terimakasih kita kepada guru. Selain itu dalam memperingati Hari Guru Nasional kita juga bisa mengingat jasa-jasa guru yang selama ini setia dan sabar mendampingi kita dalam belajar.

Rekam jejak seorang guru banyak diabadikan dalam berbagai dokumenter salah satunya film. Sobat pernah menonton film yang mengisahkan mengenai guru? Tentu menyenangkan ya.

Dalam momen Hari Guru Nasional ini sobat bisa menonton film bersama keluarga bertemakan guru. Dikutip literasinews dari Inspektorat Jenderal Kemdikbud @itjen_kemdikbud, berikut 5 rekomendasi film mengenai guru yang dapat menemani hari kamu di Hari Guru Nasional:

Baca Juga: Menyambut Gajian, Shopee Adakan Gratis Ongkir dan Cashback Kilat di Shopee Gajian Sale

1. Laskar Pelangi
Film berjudul laskar pelangi ini diangkat dari novel pertama dari serangkaian tetralogi milik Andrea Hirata. Secara garis besar film ini mengisahkan mengenai kehidupan kanak-kanak di Belitung. Dalam film ini Andrea memulainya dengan kisah miris dunia pendidikan di Indonesia dimana ada satu sekolah yang kekurangan murid dan hendak ditutup sekolah tersebut adalah SD Muhammadiyah di Gantung Belitung Timur.

Kesulitan terus-menerus membayangi sekolah di kampung itu. Sekolah yang dibangun atas jiwa ikhlas dan kepeloporan dua orang guru, Bapak Harfan Efendy Noor dan Ibu guru muda, Ibu Muslimah Hafsari yang juga sangat miskin, berusaha mempertahankan semangat besar pendidikan dengan terseok-seok.

2. Sekolah Rimba
Film ini menceritakan tentang perjuangan Butet Manurung selama menjadi pengajar bagi masyarakat Suku Anak Dalam yang dikenal dengan sebutan Orang Rimba atau lebih populer dengan sebutan Orang Kubu di pedalaman hutan Bukit Duo Belas, Jambi.

Baca Juga: Belasan Ribu Buruh di Cianjur Turun ke Jalan, Gelar Aksi Tuntut Kenaikan UMK 2021

Dari film ini kita dapat mengambil pelajaran mengenai rasa tanggung jawab, pengabdian, dan cinta seorang guru kepada muridnya. Terlepas dari adanya berbagai rintangan yang akan dihadapi. Namun bukan halangan untuk menunaikan tanggung jawab untuk mencerdasakan bagian dari anak bangsa yang belum terjamah.

3. Negeri 5 Menara
Film Negeri 5 Menara ini diangkat dari novel karya Ahmad Fuadi dengan judul yang sama. Film ini menceritakan seorang anak bernama Alif yang tinggal di Maninjau, Sumatera Barat. Dia adalah seorang yang sederhana dan baru lulus SMP. Ia memiliki mimpi untuk melanjutkan ke jenjang SMA dan bercita-cita kuliah di ITB.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x