HGN 2020, Sejak Kapan Hari Guru Nasional Diperingati?

- 25 November 2020, 12:44 WIB
Ilustrasi: Hari Guru Nasional (HGN) 2020
Ilustrasi: Hari Guru Nasional (HGN) 2020 /Gambar Dok. Literasi News/

Literasi News - Guru dianggap sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, walupaun terkadang profesinya dianggap bukan profesi yang luar biasa.

Apalagi guru honorer dengan hitungan gaji yang tidak seberapa. Padahal di balik profesinya yang terlihat sederhana itu, guru sesungguhnya memiliki peran yang sangat vital, yakni mendidik dan mencerdaskan anak bangsa.

Atas dedikasinya yang luar biasa, dalam kalender nasional Indonesia selalu diperingati Hari Guru Nasional (HGN) setiap tahunnya yang jatuh pada tanggal 25 November.

Baca Juga: Belasan Ribu Buruh di Cianjur Turun ke Jalan, Gelar Aksi Tuntut Kenaikan UMK 2021

Penetapan Hari Guru Nasional ini sebagai penghargaan bagi guru-guru di Indonesia.

Penetapan Hari Guru Nasional pada tanggal 25 November tentu ada sejarahnya. Seperti dikutip Literasi News dari PRMN dalam artikel berjudul ‘Sejarah Hari Guru Nasional di Indonesia diperingati sejak tahun Proklamasi Kemerdekaan RI’, bahwa pada tahun 1912 didirikan sebuah organisasi perjuangan guru-guru pribumi dengan nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB).

Nama organisasi tersebut masih mengatasnamakan Belanda karena pada saat itu Belanda masih menguasai pribumi.

Baca Juga: Ini Penjelasan BKN Tentang Pemberkasan NIP Guru PPPK 2019, Target Selesai Desember 2020

Dalam Organisasi PGHB tersebut terdiri dari beberapa angggota dengan latar pendidikan yang berbeda-beda, seperti Guru Bantu, Guru Desa, Kepala Sekolah dan juga Pemilik Sekolah. Mereka sekolah di Sekolah Desa dan juga Sekolah Rakyat Dua.

Halaman:

Editor: Atep Abdillah Kurniawan

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x