4 Fakta Menarik di Balik Peringatan Hari Guru

- 25 November 2020, 15:18 WIB
Logo Hari Guru Nasional 2020
Logo Hari Guru Nasional 2020 /Kemendikbud/kemdikbud.go.id

 

Literasi News - Selamat Hari Guru Nasional. Guru adalah sosok yang dikenal tak pantang menyerah dalam memberikan ilmu bagi kita semua. Dedikasinya dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa menjadikan Guru sebagai sosok pahlawan bagi kita.

Momentum Hari Guru Nasional yang diperingati setiap tanggal 25 November adalah salah satu bentuk apresiasi dan penghargaan bagi para Guru khususnya di Indonesia.

Hari Guru Nasional juga sebagai salah satu bentuk dukungan bagi para Guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Namun, tahukah kamu di balik momentum Hari Guru Nasional ini ternyata ada fakta-fakta menarik yang bisa kita ulas.

Baca Juga: Hari Guru Nasional Johan J Anwari Kenang Dunia Pendidikan

Dikutip literasinews dari Inspektorat Jenderal Kemdikbud @itjen_kemdikbud berikut 4 fakta menarik di balik peringatan Hari Guru:

1. Sebelum Bernama PGRI
Sobat, fakta menarik yang pertama dahulu sebelum dicetuskannya Hari Guru Nasional pada tanggal 25 November. Ternyata para guru lebih dulu mendirikan Persatuan Guru Indonesia pada tahun 1912.

2. Peresmian Hari Guru
Dua bulan setelah merdeka, PGI menggelar Kongres Guru Indonesia untuk pertama kalinya, pada 24-25 November 1945. Setelah Kongres tersebut maka menghasilkan pembentukan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Baca Juga: HGN 2020, Sejak Kapan Hari Guru Nasional Diperingati?

3. Peringatan Hari Guru yang Berbeda-beda
Tak hanya di Indonesia ternyata Peringatan Hari Guru juga dilaksanakan di negara lain loh. Hanya saja Peringatan Hari Guru di negara lain berbeda tanggal pelaksanaannya.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x