Harga Elpiji Nonsubsidi Naik Mulai Hari Ini, Harga Elpiji 3 Kg Tidak Berubah, Ini Penjelasan Pertamina

- 27 Februari 2022, 13:16 WIB
Ilustrasi petugas merapikan elpiji beberapa waktu lalu. Pertamina: harga elpiji nonsubsidi naik mulai hari ini Minggu 27 Februari 2022. Sedangkan harga elpiji 3 kg masih tetap atau tidak berubah.
Ilustrasi petugas merapikan elpiji beberapa waktu lalu. Pertamina: harga elpiji nonsubsidi naik mulai hari ini Minggu 27 Februari 2022. Sedangkan harga elpiji 3 kg masih tetap atau tidak berubah. /HO-Humas PT Pertamina/Antara

Literasi News - Pengumuman: harga elpiji nonsubsidi naik mulai hari ini Minggu 27 Februari 2022. Sedangkan harga elpiji 3 kg masih tetap atau tidak berubah.

Pengumuman itu disampaikan oleh PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya PT Pertamina Patra Niaga.

Kenaikan harga elpiji nonsubdisi itu disebutkan karena menyesuaikan dengan perkembangan harga minyak dan gas bumi di pasar global.

"Kebijakan harga baru itu berlaku untuk seluruh produk elpiji nonsubsidi pada 27 Februari 2022," kata Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga Irto Ginting, dalam keterangan resmi di Jakarta, Minggu 27 Februari 2022 seperti dilansir Antara.

Dia menjelaskan, penyesuaian harga elpiji nonsubsidi itu dilakukan mengikuti perkembangan terkini dari industri besar minyak dan gas.

Baca Juga: Interval Vaksin Booster Dipercepat Jadi Minimal Tiga Bulan untuk Masyarakat Umum, Simak Penjelasan Kemenkes

Menurut Irto Ginting, harga kontrak Aramco (CPA) kini mencapai 775 dolar AS per metrik ton atau naik sekitar 21 persen dari harga rata-rata CPA sepanjang tahun lalu.

Dengan adanya penyesuaian tersebut, tutur dia, maka harga elpiji nonsubsidi yang berlaku saat ini Rp15.500 per kilogram. Pertamina menyatakan telah mempertimbangkan kondisi penyesuaian harga serta kemampuan pasar elpiji non subsidi.

Harga itu diklaim masih kompetitif dibandingkan harga elpiji di berbagai negara di Asia Tenggara.

Irto Ginting menyebutkan, harga elpiji subsidi ukuran 3 kilogram tidak ada perubahan. Saat ini, porsi konsumsi elpiji 3 kilogram mencapai 93 persen dari keseluruhan konsumen elpiji Pertamina.

"Harga elpiji 3 kilogram tetap mengacu kepada harga eceran tertinggi yang ditetapkan oleh pemerintah daerah," jelasnya.***

Editor: Hasbi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x