Indonesia Tidak Impor Beras Sejak 2019, Bulog Klaim Andalkan Produksi Petani Dalam Negeri

- 28 Desember 2021, 15:31 WIB
Ilustrasi stok beras Bulog.* Sejak 2019, Indonesia tidak melakukan impor beras untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri khususnya sebagai cadangan beras pemerintah (CBP).
Ilustrasi stok beras Bulog.* Sejak 2019, Indonesia tidak melakukan impor beras untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri khususnya sebagai cadangan beras pemerintah (CBP). /ANTARA FOTO/Reno Esnir/

Literasi News - Selama tiga tahun berturut-turut atau sejak 2019, Indonesia tidak melakukan impor beras untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri khususnya sebagai cadangan beras pemerintah (CBP).

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso, menjelaskan bahwa dalam tiga tahun terakhir, CBP tidak pernah impor.

"Apa yang disampaikan Bapak Presiden bahwa Indonesia sampai saat ini tidak melakukan impor selama tiga tahun terakhir, perlu saya sampaikan bahwa memang Bulog untuk CBP tidak impor," katanya dalam konferensi pers akhir tahun di Jakarta, Selasa 28 Desember 2021, dilansir Antara.

Menurut Budi Waseso, Bulog mengandalkan produksi petani dalam negeri untuk kebutuhan stok CBP selama tiga tahun terakhir. Selama 2021, Bulog menyerap sebanyak 1,2 juta ton beras di tingkat petani sebagai upaya mengamankan harga beras agar tidak jatuh.

Dia mengakui, keberhasilan dalam melakukan penyerapan beras dalam negeri tahun ini merupakan hasil kerja keras jaringan Bulog di seluruh Indonesia di tengah pandemi Covid-19.

"Penyerapan beras dalam negeri ini sangat membantu petani Indonesia yang kesulitan menjual beras mereka selama pandemi Covid-19," tuturnya.

Baca Juga: Waspada, Kasus Transmisi Lokal Pertama Omicron Terdeteksi di Indonesia, Simak Penjelasan Kemenkes

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), prakiraan produksi beras nasional pada triwulan I 2022 adalah sebesar 11,61 juta ton.

Budi Waseso mengatakan, Bulog siap menyerap kembali produksi tersebut untuk menjaga stabilitas harga di tingkat petani, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir terkait kecukupan stok beras dalam negeri.

Selain menjaga stabilitas harga di tingkat petani sepanjang 2021, Bulog juga berperan menjaga stabilitas harga beras di tingkat konsumen dengan melaksanakan operasi pasar KPSH (ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga).

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x