Literasi Digital dan Keuangan Semakin Penting Seiring Meningkatnya Layanan Fintech

- 1 Desember 2021, 16:49 WIB
Ilustrasi ekonomi digital.* Kominfo menilai literasi digital dan keuangan semakin penting perannya, seiring dengan meningkatnya layanan fintech.
Ilustrasi ekonomi digital.* Kominfo menilai literasi digital dan keuangan semakin penting perannya, seiring dengan meningkatnya layanan fintech. /PIXABAY/jmexclusives/

Literasi News - Literasi digital dan keuangan dinilai semakin penting agar masyarakat cerdas dalam bertransaksi digital. Terlebih dengan semakin besarnya layanan fintech (financial technology) di Indonesia dewasa ini.

Demikian disampaikan oleh Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aptika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) I Nyoman Adhiarna, dalam seminar daring yang dipantau Antara, Rabu 1 Desember 2021.

I Nyoman Adhiarna menjelaskan, salah satu isu besar yang perlu didorong adalah menggiatkan kerja sama dalam meningkatkan literasi digital masyarakat Indonesia.

"Sehingga, masyarakat perlu didorong untuk mempunyai kesadaran yang baik tentang bagaimana caranya bertransaksi digital dengan aman di dunia maya, mengetahui bagaimana untuk mengamankan password, dan lainnya," kata I Nyoman Adhiarna.

Baca Juga: Bantuan Subsidi Upah Atau BSU 2021, Menaker Pastikan Percepatan Penyaluran

Dia menjelaskan, pemerintah melalui Kementerian Kominfo memiliki program literasi digital dan menjadi prioritas. Kementerian menargetkan sebanyak 12,5 juta masyarakat meningkat literasi dan kecakapan digitalnya.

"Program ini untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terkait ruang digital yang mencakup budaya dan etika digital, serta aplikasi-aplikasi digital. Masyarakat diharapkan lebih paham terutama dalam memilah-milih informasi," tuturnya.

"Mungkin yang menjadi tantangan adalah kita perlu literasi digital ini untuk lebih spesifik lagi terkait isu-isu seperti keamanan bertransaksi digital, paham untuk membedakan tentang informasi yang ada di dunia maya, dan lainnya," katanya.

Baca Juga: Koperasi Seharusnya Bisa Menjadi Solusi Atasi Ancaman Pinjol Ilegal, Ini Alasan Pengamat

Selain literasi digital, Adhiana juga menyampaikan pentingnya infrastruktur digital yang merata sebagai fondasi ekosistem digital yang maju dan inklusif di Tanah Air.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x