Simak, Berikut Ini Jadwal Penyaluran dan Besaran Nilai Bansos Kemensos, Disalurkan Januari 2021

- 31 Desember 2020, 13:51 WIB
Kementerian Sosial, berikut ini jadwal dan besaran nilai bansos kemensos yang disalurkan Januari 2021
Kementerian Sosial, berikut ini jadwal dan besaran nilai bansos kemensos yang disalurkan Januari 2021 /[email protected]

Literasi News - Tahun 2021, Kementerian Sosial (Kemensos) akan melanjutkan program bantuan sosial. Tiga di antaranya bansos kemensos itu sudah pasti bakal disalurkan pada awal Januari 2021.

Ketiga program bansos kemensos yang akan disalurkan pada Januari 2021 yakni Kartu Sembako/Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Sosial Tunai (BST).
 
Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan untuk program Kartu Sembako/BPNT targetnya akan menjangkau sebanyak 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan indeks Rp200 Ribu/bulan/KPM penyalurannya mulai Januari hingga Desember 2021.

Baca Juga: Maraton Film Dilan di SCTV Hari Ini,'Mulai Dari Dilan 1990,Dilan 1991,Hingga Milea:Suara Dari Dilan

Bantuan Sosial Tunai (BST) pada tahun 2021 akan menjangkau 10 juta KPM di seluruh Indonesia, termasuk Jabodetabek. Penyalurnya dilakukan oleh petugas dari PT. Pos. Sedangkan indeks bantuan yang akan diterima sebesar Rp300 Ribu/KPM. Penyalurannya selama 4 bulan yaitu pada bulan Januari, Februari, Maret, dan April.
 
Berikutnya yaitu bansos PKH tahun 2021 disalurkan kepada 10 juta penerima manfaat. Penyalurannya melalui Bank Himbara. Penerima manfaat harus memenuhi beberapa komponen di antaranya ibu hamil, anak usia dini, anak sekolah, penyandang disabilitas, dan lanjut usia.

“Ini akan diberikan setiap 3 bulan sekali, tahap pertama pada bulan Januari, tahap kedua April, tahap ketiga Juli dan tahap ke empat Oktober 2021," kata mensos seusai rapat terbatas dalam rangka persiapan penyaluran bantuan sosial, Selasa 29 Desember 2020.

Baca Juga: Film Akhir Tahun: Train To Busan dan Perempuan Tanah Jahanam Tayang di Trans 7 Hari Ini 31 Desember

Dikutip Literasinews dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, Presiden Joko Widodo mengatakan pada APBN tahun 2021, anggaran sebesar Rp110 Triliun telah disiapkan oleh pemerintah untuk melanjutkan program perlindungan sosial.

Dari sejumlah anggaran tersebut, Presiden merinci di antaranya Rp45,1 Triliun disiapkan untuk program kartu sembako yang akan disalurkan kepada 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Nantinya setiap KPM masing-masing akan menerima Rp200 ribu per bulan.

Kemudian untuk Program Keluarga Harapan (PKH), pemerintah menyiapkan Rp28,7 Triliun untuk 10 juta KPM selama 4 triwulan. Selanjutnya, untuk bansos tunai pemerintah menyiapkan Rp12 Triliun bagi 10 juta KPM, masing-masing Rp300 ribu selama 4 bulan.

Baca Juga: Jangan Lewatkan Bioskop Spesial Tahun Baru di Trans 7, Ada Film 'Spiderman : Far For Home' dan Venom

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x