Jokowi Dinilai Jadi Kunci Terbentuknya Koalisi Besar Partai Politik Jelang 2024

- 8 April 2023, 12:43 WIB
Jokowi Dinilai Jadi Kunci Terbentuknya Koalisi Besar Partai Politik Jelang 2024.
Jokowi Dinilai Jadi Kunci Terbentuknya Koalisi Besar Partai Politik Jelang 2024. /Dok. Tim Media Prabowo/

Literasi News – Sosok Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai menjadi variable kunci dalam potensi pembentukan koalisi besar partai politik (parpol) jelang pilpres 2024. Sifat-sifat yang melekat dalam diri Jokowi sebagai politisi menjadi acuan utama.

Hal tersebut disampaikan pengamat politik Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang, Mikhael Rajamuda Bataona yang menurutnya Presiden RI memiliki kekuatan sosial politik.

“Variabel kunci dari wacana gagasan koalisi besar antara KIR dan KIB dan bisa juga dengan PDI Perjuangan adalah sosok Jokowi karena kekuatan sosial politiknya, yaitu citra diri dan tingkat kecintaan rakyat kepada dirinya yang sangat tinggi," kata dia, di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Sabtu, 8 April 2023.

Baca Juga: Forum TBM Jawa Barat Gelar Webinar Kemandirian Literasi Finansial

Ia menambahkan bahwa sosok Jokowi bahkan akan mempengaruhi pengusungan calon presiden pada Pilpres 2023 mendatang.

Sebelumya, Presiden Jokowi menghadiri pertemuan dengan para ketua umum (Ketum) parpol pendukung diantaranya Prabowo Subianto dari Gerindra, Airlangga Hartanto dari Golkar, Muhaimin Iskandar dari PKB, Zulkifli Hasan dari PAN, dan Mardiono selaku Plt. Ketum PPP beberapa waktu lalu.

Bagi Mikhael, silaturahmi politik itu menggambarkan betapa kuatnya efek yang ditimbulkan persona Jokowi dalam urusan Pilpres. Pasalnya, dia menilai ide koalisi muncul tak lain atas eksistensi Jokowi.

Dia menjelaskan, persepsi publik menjadi hal pertama yang paling dikuasai Jokowi di kancah perpolitikan. Hal ini lantaran tingkat kepuasan publik (approval rating) terhadapnya punya kecenderungan sangat tinggi.

Baca Juga: Geger Ibu Ida Dayak Sembuhkan Pangeran Arab Saudi, Benar atau Hoax? Cek Fakta Sebenarnya

“Karena menggunakan citra Jokowi dan kekuatan endorsement-nya akan sangat memudahkan urusan pemenangan. Hal itu sejalan dengan kehendak mayoritas rakyat yang suka kepada Jokowi,” katanya.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x