Dir Ops Basarnas Buka Uji Pelaksanaan Operasi Pencarian dan Pertolongan

- 21 Oktober 2020, 20:15 WIB
Peserta uji pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan menjalani rapid tes di Kantor SAR Bandung
Peserta uji pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan menjalani rapid tes di Kantor SAR Bandung /Literasi News/Dede TH

Literasi News - Direktur Operasi Basarnas, Brigjen TNI (Mar) Rasman M.Tr (Han) membuka kegiatan uji pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan di Kantor SAR Bandung. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Operasi Basarnas dimulai pukul 09.00 WIB di Lt 2 Ruang Rapat Kantor SAR Bandung.

Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menguji dan mengevaluasi kesesuaian dan ketaatan pelaksanaan operasi SAR oleh seluruh Kantor SAR terhadap UU No 29 th 2014, PP No 22/2017, Perpres No 83/2016, Perban No 23/2020 serta rencana kontijensi yang dimiliki oleh setiap kantor SAR.

Hadir di pembukaan, Kasubdit RPDO Basarnas, Agus Haryono beserta jajaran dari Direktorat Operasi Basarnas pusat, Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah S.Sos beserta jajarannya juga para personil Kantor SAR Bandung dan tamu undangan seperti TNI, POLRI, SAT Brimob Polda Jabar, Damkar, Dinas Kesehatan Prov Jabar, Stikes Dharma Husada Bandung serta oraganisasi SAR masyarakat lainnya.

Baca Juga: 5.760 Mahasiswa Tiongkok Belajar Bahasa Jawa dan Sunda

Kegiatan berlangsung dari tanggal 21 hingga 23 Oktober mendatang. Nantinya ada beberapa tahapan mulai perencanaan hingga pelaksanaan operasi SAR di lapangan. Pesertanya merupakan Gabungan dari internal Kantor SAR Bandung dengan unsur SAR Gabungan lainnya yang datang dari berbagai pihak.

Pembukaan diselenggarakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, penggunaan hand sanitizer, penggunaan masker serta rapid test bagi seluruh peserta yang hadir dalam pembukaan.

Direktur Operasi Basarnas, dalam sambutannya menyebutkan kegiatan ini harus tetap berjalan di tengah pandemic covid 19 untuk melatih kemampuan setiap personil dalam melaksanakan penanganan operasi SAR. Namun pelaksanaannya tetap mengedepankan protokol kesehatan dan jangan abai.

Baca Juga: Kantor SAR Bandung Berangkatkan Tim Rescue Lakukan Pencarian Orang Tenggelam di Sungai Citarum

Ia juga berharap kegiatan tersebut bisa memberikan dampak positif bagi penanganan operasi SAR di Jawa Barat yang lebih responsif dan terorganisir.

Kesiapsiagaan dan kerjasama dalam penanganan bencana merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam keberhasilan operasi SAR. "Semoga dengan kegiatan ini dapat memperkuat sinergitas dalam penanganan operasi SAR," ujarnya.***

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x