BPSPL: Ada Beberapa Faktor Penyebab Paus Balin Masuk Perairan di Surabaya

- 17 Mei 2023, 19:06 WIB
BPSPL: Ada Beberapa Faktor Penyebab Paus Balin Masuk Perairan di Surabaya
BPSPL: Ada Beberapa Faktor Penyebab Paus Balin Masuk Perairan di Surabaya /ANTARA/

Literasi News- Koordinator Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar Wilayah Kerja Jawa Timur Suwardi menduga ada sejumlah faktor yang membawa Paus Balin masuk dan ditemukan mati di kawasan pesisir Kejawan Putih Tambak Surabaya, Senin

Kendati demikian, guna mengungkap alasan dibalik munculnya mamalia laut itu BPSL, masih menunggu terbitnya hasil penelitian lebih lanjut.

BPSPL juga menanti hasil otopsi yang dilakukan oleh tim dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya untuk mengetahui penyebab kematian paus sepanjang 12 meter tersebut.

Baca Juga: Belum Sampai 10 Menit, Antrean Tiket Coldplay Jakarta Penuh

"Bisa karena dampak dari badai di laut atau tersesat karena mencari makan atau sedang kawin, bisa juga," kata Suwardi kepada wartawan, Selasa.

Selasa siang, tim dari Fakultas Kedokteran Hewan Unair bersama sejumlah pihak telah melakukan proses otopsi pada bangkai Paus Balin.

"Dikhawatirkan, apakah paus itu mati karena ada penyakit atau parasit, itu yang belum diketahui. Makanya, kami serahkan kepada dokter hewan, apakah ada parasitnya," ucapnya.

Baca Juga: Pemprov Jabar Raih Opini WTP 12 Kali Berturut-turut, Legislator PKB Beri Apresiasi

Suwardi mengaku setelah seluruh proses pemeriksaan selesai hingga hasil otopsi keluar, bangkai Paus Balin yang ditemukan mati di pesisir Kejawan Putih Tambak Surabaya bisa secepatnya dilakukan evakuasi.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x