Fenomena Gerhana Bulan Total Itu Apa? Berikut Penjelasan Resmi LAPAN

- 8 November 2022, 09:10 WIB
Fenomena Gerhana Bulan Total Itu Apa? Berikut Penjelasan Resmi LAPAN.
Fenomena Gerhana Bulan Total Itu Apa? Berikut Penjelasan Resmi LAPAN. /Pexels

Literasi News - Fenomena gerhana bulan total akan terlihat hari ini Selasa, 8 November 2022 di sejumlah daerah di Indonesia.

Lalu apa sebenenarnya gerhana bulan total? Bagaimana peristiwa ini terjadi, berikut penjelasan dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) sebagaimana dikutip Literasinews.com pada Selasa, 8 November 2022.

Peristiwa gerhana bulan total adalah fenomena astronomis ketika seluruh permukaan Bulan memasuki bayangan inti (umbra) Bumi.

Baca Juga: 15 Link Twibbon Hari Kesehatan Nasional 2022, Desain Terbaru, Disertai Cara Pasangnya

Hal ini disebabkan oleh konfigurasi antara bulan, bumi dan matahari membentuk garis lurus. Selain itu, bulan berada di dekat titik simpul orbit bulan, yakni perpotongan antara ekliptika (bidang edar umi mengelilingi Matahari) dengan orbit Bulan.

Gerhana bulan total terjadi ketika fase Bulan Purnama, akan tetapi, tidak semua fase Bulan Purnama dapat mengalami Gerhana Bulan.

Hal ini dikarenakan orbit Bulan yang miring 5,1° terhadap ekliptika dan waktu yang ditempuh Bulan untuk kembali ke simpul yang sama lebih pendek 2,2 hari dibandingkan dengan waktu yang ditempuh Bulan agar berkonfigurasi dengan Bumi dan Matahari dalam satu garis lurus. Sehingga, Bulan tidak selalu berada di bidang ekliptika ketika Purnama.

Baca Juga: ONIC Esports Back to Back Juara MPLI 2022 Setelah Kalahkan Geek Fam ID Di Grand Final

Dalam keterangan yang sama gerhana bulan total kali ini terjadi pada 8 November 2022 dengan durasi total selama 1 jam 24 menit 58 detik dan durasi umbral (sebagian + total) selama 3 jam 39 menit 50 detik.

Lebar gerhana bulan total kali ini sebesar 1,3589 dengan jarak pusat umbra ke pusat Bulan sebesar 0,2570. Gerhana ini termasuk ke dalam gerhana ke-20 dari 72 gerhana dalam Seri Saros 136 (1680-2960).***

Halaman:

Editor: Abdul Rokib

Sumber: LAPAN


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x