Longsor Rusak Satu Rumah di Cikadu Kabupaten Cianjur, Puluhan Rumah Lainnya Terancam

- 13 September 2022, 15:52 WIB
Longsor terjadi di Kampung Pasir Kupa RT 015/008, Desa Mekarwangi, Kecamatan Cikadu, Kabupaten Cianjur.
Longsor terjadi di Kampung Pasir Kupa RT 015/008, Desa Mekarwangi, Kecamatan Cikadu, Kabupaten Cianjur. /Literasi News/Nabiel Purwanda

Literasi News - Satu rumah warga ambruk dan puluhan lainnya terancam longsor di Kampung Pasir Kupa RT 015/008, Desa Mekarwangi, Kecamatan Cikadu, Kabupaten Cianjur, Selasa 13 September 2022.

Tidak ada korban jiwa ataupun luka dalam bencana yang disebabkan tanah longsor akibat tingginya curah hujan yang mengguyur kawasan itu sejak beberapa hari terakhir.

Babinsa Desa Mekarwangi, Serda Edi S mengatakan satu rumah warga rusak pada bagian samping rumah akibat diterjang tanah longsor.

Disebutkan Edi, unsur TNI-Polri dibantu warga setempat langsung melakukan evakuasi dan membersihkan material longsor yang merusak rumah milik Endang itu.

"Tidak ada korban jiwa ataupun luka. Sementara petugas dibantu warga langsung melakukan penanganan dengan membersihkan material longsoran berupa tanah dan batu," kata Edi, kepada wartawan.

Baca Juga: Dua Rumah di Kampung Gunung Padang Cianjur Rusak Tertimpa Tebing Ambrol

Edi mengungkapkan, untuk pemilik rumah sementara dievakuasi dan diungsikan ke rumah tetangganya yang lebih aman.

"Pemilik rumah sementara menempati rumah kerabatnya yang lebih aman. Untuk kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah, jumlah pastinya masih dalam assessment," jelasnya.

Sementara untuk puluhan rumah yang terancam pemiliknya sudah diimbau agar meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati terutama saat hujan berintensitas tinggi kembali mengguyur kawasan itu.

"Tetap kita imbau, agar warga meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati dengan berbagai potensi kebencanaan yang sewaktu-waktu dapat terjadi," tandasnya.***

Editor: Dipo Sasono

Sumber: liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x