Musim Pancaroba, Waspada Penyakit ISPA dan Diare, Ini Antisipasinya

- 11 Juli 2022, 22:46 WIB
Ilustrasi masker.* Saat musim pancaroba ini, masyarakat harus  waspada terhadap sejumlah penyakit seperti ISPA dan diare.
Ilustrasi masker.* Saat musim pancaroba ini, masyarakat harus waspada terhadap sejumlah penyakit seperti ISPA dan diare. /Pixabay/coyot

Literasi News - Saat musim pancaroba ini, masyarakat harus waspada terhadap sejumlah penyakit seperti Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan diare.

Kondisi suhu yang cenderung dingin membuat virus penyebab penyakit-penyakit itu lebih cepat berkembang biak.

Hal itu seperti disampaikan Intan Annisa Fatmawaty, Subkoordinator Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) dan Kesehatan Jiwa pada Dinas Kesehatan Kota Bandung.

Dia menjelaskan, saat suhu udara dingin, umumnya sistem imun manusia menurun daripada biasanya. Pembuluh darah pun menyempit guna mempertahankan suhu di organ-organ tubuh.

"Saat pancaroba menuju kemarau yang hangat, sejumlah warga berpergian jalan-jalan. Penyebaran penyakit bisa terjadi pada situasi tersebut," ujarnya, sebagaimana dimuat dalam artikel yang diterbitkan Pikiran-Rakyat.com sebelumnya dengan judul "Warga Bandung Perlu Waspadai Musim Pancaroba, Bisa Terjadi Penyebaran Penyakit".

Baca Juga: Mulai 17 Juli 2022, PT KAI Terapkan Aturan Baru Soal Syarat Vaksin Bagi Penumpang Kereta Api Jarak Jauh

Intan memerinci beberapa penyakit yang termasuk ISPA di antaranya batuk pilek (common cold), asma, sinusitis, tonsilitis, faringitis, bronkitis, dan bronkiolitis.

Selain ISPA dan diare, dia mengimbau warga turut mewaspadai infeksi mata merah (konjungtivitis) akibat virus.

Intan mengajak warga banyak mengonsumsi makanan bergizi, menggiatkan aktivitas fisik, juga beristirahat yang cukup. Bersamaan dengan upaya tersebut, warga perlu senantiasa menjaga protokol kesehatan.

"Makanan bergizi dapat membuat kekebalan dan daya tahan tubuh terbentuk. Selain itu, konsumsi vitamin dan minuman air putih, minimal dua liter per hari. Lebih baik tetap di rumah seumpama tidak ada keperluan mendesak," ucapnya.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: pikiran-rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x