Kabar Gembira, Arab Saudi Akan Buka Ibadah Haji Tahun Ini, Simak Penjelasan Menteri Agama

- 21 Maret 2022, 13:53 WIB
Arab Saudi akan membuka pelaksanaan ibadah haji pada penyelenggaraan haji tahun 2022 ini atau 1443 Hijriah.
Arab Saudi akan membuka pelaksanaan ibadah haji pada penyelenggaraan haji tahun 2022 ini atau 1443 Hijriah. /Dok. Kemenag.go.id

Literasi News - Kabar gembira datang dari Arab Saudi. Setelah dua tahun ditutup akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia, Arab Saudi akan membuka pelaksanaan ibadah haji pada penyelenggaraan haji tahun 2022 ini atau 1443 Hijriah.

Dibukanya pelaksanaan ibadah haji itu berlaku bagi jamaah dari luar negeri Arab Saudi, termasuk Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin 21 Maret 2022.

"Saya kemarin bertemu Menteri Haji dan Umrah Saudi (Arab Saudi). Saya mendapat penjelasan bahwa akan ada pemberangkatan jamaah haji tahun ini dari luar Saudi," ujar Menag, seperti dilansir Antara.

Kabar gembira itu disampaikan oleh Gus Yaqut (sapaan Yaqut Cholil Qoumas), saat menggelar pertemuan dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F. Al-Rabiah di Jeddah, Arab Saudi, Minggu 20 Maret 2022.

Pada pertemuan tersebut, Menag juga menyinggung masalah kuota haji. Ia berharap Indonesia bisa mendapatkan kuota yang ideal seiring dengan banyaknya jamaah yang sudah menunggu dan rindu ke Tanah Suci.

Baca Juga: Penyelenggaraan Ibadah Haji Diharapkan Sudah Ada Kejelasan Pada Februari 2022, Ini Pernyataan Menteri Agama

Menteri Agama menegaskan bahwa Indonesia sudah siap untuk memberangkatkan calon jamaah haji, dan yang paling penting Arab Saudi memberikan kepastian soal kuota.

"Saya sampaikan bahwa mungkin kuota haji tahun ini belum normal karena pandemi, namun saya berharap Indonesia dapat alokasi ideal," tuturnya.

Sementara itu, Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F. Al-Rabiah menjelaskan, Pemerintah Arab Saudi akan membuka kesempatan jamaah luar Saudi untuk beribadah haji tahun ini. Apalagi saat ini jamaah umrah dari berbagai negara juga sudah berdatangan dan pelaksanaan berjalan lancar.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: Kemenag Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x