Andi Widjajanto Resmi Jabat Gubernur Lemhanas, Berikut Sekilas Jejak Kariernya

- 21 Februari 2022, 14:07 WIB
Andi Widjajanto resmi menjabat sebagai Gubernur Lemhanas, setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo.
Andi Widjajanto resmi menjabat sebagai Gubernur Lemhanas, setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo. /Tangkapan layar Youtube.com/Sekretariat Presiden

Literasi News - Andi Widjajanto resmi menjabat sebagai Gubernur Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas), setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Istana Negara Jakarta, Senin 21 Februari 2022.

Andi Widjajanto dilantik sebagai Gubernur Lemhanas, berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 21 P Tahun 2022 tentang Pengangkatan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia tertanggal 21 Februari 2022.

Seperti dilansir Antara, hadir dalam pelantikan tersebut antara lain Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan beberapa pejabat terkait lainnya.

Posisi Andi sebagai Gubernur Lemhanas menggantikan Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, yang saat ini menjadi Duta Besar (Dubes) Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Indonesia di Filipina.

Baca Juga: Update Covid-19, Kasus Positif Harian Tambah 48.484 Orang Minggu 20 Februari 2022, Jawa Barat Masih Tertinggi

Berikut sekilas rekam jejak karier Andi Widjajanto. Sebelum menjabat Gubernur Lemhanas, Andi Widjajanto pernah menjabat sebagai Sekretaris Kabinet pada 2014-2015.

Andi Widjajanto menempuh pendidikan Hubungan Internasional di Universitas Indonesia (UI) pada 1996 dan menjadi pengajar tetap di kampus tersebut.

Andi Widjajanto juga memperoleh gelar sarjana di School of Oriental and African Studies (SOAS) University of London dan mendapatkan gelar Master of Science (M.Sc) dari London School of Economics and Political Science (LSE) dan Industrial College of Armed Forces di Washington D.C Amerika Serikat.

Selain itu Andi Widjajanto masih mengejar gelar doktor di bidang hubungan internasional di S. Rajaratnam School of International Studies (RSIS) di Singapura.

Pria kelahiran September 1971 tersebut pernah menjadi Deputi Tim Transisi pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (JK), yang bertugas untuk mempersiapkan transisi pemerintahan dari Presiden SBY ke Jokowi-JK.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah