Waspada Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di Sejumlah Daerah Indonesia Hari Ini Jumat 11 Februari 2022

- 11 Februari 2022, 09:55 WIB
Ilustrasi hujan lebat. Masyarakat agar waspada potensi hujan lebat  disertai kilat dan angin kencang di sejumlah daerah hari ini Jumat 11 Februari 2022.
Ilustrasi hujan lebat. Masyarakat agar waspada potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang di sejumlah daerah hari ini Jumat 11 Februari 2022. /PIXABAY/rachmadrinaldie

Literasi News - Masyarakat agar waspada potensi hujan lebat yang disertai kilat dan angin kencang di sejumlah daerah di Indonesia pada hari ini Jumat 11 Februari 2022.

Berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dilansir Antara, diprakirakan daerah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang antara lain di Aceh, Bali, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta.

Kondisi cuaca serupa terjadi antara lain di Gorontalo, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku.

Kemudian di Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan.

Cuaca Ekstrem

BMKG juga memberikan peringatan dini terdapat potensi cuaca ekstrem berupa hujan sedang-lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang serta gelombang tinggi laut pada 8-14 Februari 2022.

Baca Juga: Update Covid-19, Kasus Positif Harian Bertambah 40.618 Orang Hari Ini Kamis 10 Februari 2022

Deputi Bidang Meteorologi Guswanto menjelaskan adanya potensi peningkatan curah hujan dipicu oleh peningkatan aktivitas dinamika atmosfer seperti aktifnya Madden Julian Oscillation (MJO) dan fenomena gelombang atmosfer yaitu gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial.

Fenomena itu berpotensi menyebabkan tinggi gelombang laut 4-7 meter di wilayah Perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan, Perairan selatan Banten hingga Jawa Tengah, dan Samudra Hindia barat Lampung hingga selatan Jawa Barat.

Guswanto mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem dan dampak terhadap bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang, dan lain-lain.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: BMKG ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x