Prakiraan Cuaca Hari Ini Jumat 21 Januari 2022, BMKG: Waspada Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang

- 21 Januari 2022, 09:42 WIB
Ilustrasi hujan lebat. Prakiraan cuaca hari ini Jumat 21 Januari 2022. BMKG: sejumlah besar wilayah berpotensi hujan lebat disertai kilat, dan angin kencang.
Ilustrasi hujan lebat. Prakiraan cuaca hari ini Jumat 21 Januari 2022. BMKG: sejumlah besar wilayah berpotensi hujan lebat disertai kilat, dan angin kencang. /PIXABAY/PublicDomainPictures./

Literasi News - Prakiraan cuaca hari ini Jumat 21 Januari 2022. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah besar wilayah di Indonesia berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat, petir dan angin kencang.

Berdasarkan informasi BMKG yang dilansir Antara, cuaca tersebut diprakirakan terjadi antara lain di Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Potensi cuaca serupa juga berpotensi terjadi antara lain di Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Adapun wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat, petir dan angin kencang antara lain di DKI Jakarta dan Kalimantan Selatan. Sedangkan Sulawesi Barat diprakirakan mengalami angin kencang.

Baca Juga: Update Kasus Omicron di Indonesia, Total Menjadi 882 Orang, Simak Penjelasan Kemenkes

Selain itu, BMKG juga memberikan peringatan gelombang tinggi laut setinggi 2,5-4 meter antara lain di Laut Natuna Utara, Laut Jawa bagian Timur, Selat Makassar bagian Selatan dan Utara, Laut Sulawesi bagian Timur, dan Laut Banda.

Oleh karena itu, BMKG mengimbau bidang pelayaran memperhatikan peringatan gelombang tinggi dalam mengedepankan keselamatan pelayaran.

Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi juga diimbau agar tetap waspada.***

Editor: Hasbi

Sumber: BMKG ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x