Prakiraan BMKG Senin 6 Desember 2021, Hujan Lebat di Sebagian Besar Daerah Indonesia

- 6 Desember 2021, 11:29 WIB
Ilustrasi hujan lebat.* Prakiraan BMKG Senin 6 Desember 2021, potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di sebagian besar daerah.
Ilustrasi hujan lebat.* Prakiraan BMKG Senin 6 Desember 2021, potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di sebagian besar daerah. /BMKG

Literasi News - Prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Senin 6 Desember 2021, terjadi hujan lebat di sebagian besar daerah Indonesia.

Berdasarkan laporan BMKG yang dilansir Antara, ada peringatan dini potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di sebagian besar daerah di Indonesia, pada Senin 6 Desember 2021.

BMKG prakiraan cuaca berpotensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang, antara lain di provinsi Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Riau, Lampung, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Selain itu, hujan lebat disertai angin kencang juga diprakirakan terjadi antara lain di Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, dan Papua Barat.

Baca Juga: Update Erupsi Semeru, BNPB: Korban Meninggal Menjadi 14 Orang dan Korban Luka 56 Orang

Oleh karena itu, BMKG mengimbau warga yang tinggal di wilayah yang diprakirakan hujan lebat disertai petir dan angin kencang agar mewaspadai kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor.

Awan hujan

BMKG juga menyebutkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah pusat tekanan rendah atau sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi, bisa meningkatkan peluang hujan lebat di bagian wilayah Indonesia.

Menurut BMKG, pusat tekanan rendah terpantau di Samudra Hindia barat daya Lampung dan membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Samudra Hindia selatan Banten hingga barat daya Lampung.

Selain itu, sirkulasi siklonik di utara Pulau Kalimantan membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Laut Cina Selatan hingga Laut Natuna bagian timur dan dari utara Pulau Kalimantan hingga Laut Cina Selatan.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x