Update: 13 Orang Meninggal dan Puluhan Terluka Akibat Erupsi Gunung Semeru, Ini Penjelasan BNPB

- 5 Desember 2021, 10:56 WIB
BNPB terjun langsung ke lokasi erupsi Gunung Semeru.* Update: sebanyak 13 orang meninggal dunia dan puluhan warga terluka akibat erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang Jawa Timur.
BNPB terjun langsung ke lokasi erupsi Gunung Semeru.* Update: sebanyak 13 orang meninggal dunia dan puluhan warga terluka akibat erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang Jawa Timur. /Dok. Satpol PP Lumajang./

Literasi News - Sebanyak 13 orang meninggal dunia dan puluhan warga terluka akibat erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang Jawa Timur.

Jumlah korban jiwa tersebut berdasarkan update data terkini dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Minggu 5 Desember 2021 pukul 09:20 WIB.

Berdasarkan siaran pers BNPB yang diterima Antara di Jakarta, Minggu 5 Desember 2021, dua dari 13 orang yang meninggal dunia berasal dari Curah Kobokan dan Kubuan di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Selain itu, BNPB menyebutkan bahwa letusan Gunung Semeru juga menyebabkan puluhan orang terluka dan harus menjalani perawatan di fasilitas kesehatan.

Data BNPB mencatat, sebanyak 41 orang yang terluka telah mendapatkan penanganan awal di Puskesmas Penanggal dan kemudian dirujuk ke RSUD Haryoto dan Rumah Sakit Bhayangkara.

Selain itu, ada 40 orang yang dirawat di Puskesmas Pasirian, tujuh orang di Puskesmas Candipuro, serta sepuluh orang di Puskesmas Penanggal.

Baca Juga: BNPB Terjunkan Tim Reaksi Cepat dan Bantuan Logistik Bagi Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang dan tim gabungan masih melanjutkan upaya untuk mengevakuasi warga yang terdampak letusan Gunung Semeru dan mencari warga yang dilaporkan hilang akibat bencana tersebut.

Warga yang semalam menurut laporan Wakil Bupati Lumajang terjebak di kantor pemilik tambang sudah berhasil dievakuasi dan sekarang ditempatkan di Pos Curah Kobokan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Berdasarkan data BPBD Kabupaten Lumajang, erupsi Gunung Semeru telah memaksa setidaknya 902 warga mengungsi. Sebanyak 305 orang tercatat mengungsi di beberapa fasilitas pendidikan dan balai desa di wilayah Kecamatan Pronojiwo, 409 orang mengungsi di lima balai desa di wilayah Kecamatan Candipuro, dan 188 orang mengungsi di Kecamatan Pasirian.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x