BNPB Terjunkan Tim Reaksi Cepat dan Bantuan Logistik Bagi Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

- 5 Desember 2021, 10:00 WIB
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letnan Jenderal Suharyanto.* BNPB terjunkan Tim Reaksi Cepat dan bantuan logistik bagi warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru.
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letnan Jenderal Suharyanto.* BNPB terjunkan Tim Reaksi Cepat dan bantuan logistik bagi warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru. /dok BNPB

Literasi News- Pasca letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang Jawa Timur, puluhan warga telah mengungsi dan dievakuasi untuk segera mendapatkan penanganan.

Tim reaksi cepat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah terjun langsung membantu proses evakuasi warga. Begitu pula bantuan logistik dikirimkan berupa makanan, tenda, dan selimut.

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto menjelaskan, BNPB terlebih dahulu sudah mengirimkan tim reaksi cepat untuk mendampingi BPBD Kabupaten Lumajang dan BPBD Provinsi Jawa Timur via darat dengan membawa logistik seperti selimut, makanan siap saji, terpal, tenda darurat, dan logistik dasar lainnya.

Pada Minggu 5 Desember 2021 pagi, Kepala BNPB bertolak ke Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, untuk meninjau langsung daerah yang terdampak letusan Gunung Semeru. Serta memastikan evakuasi dan penanganan korban bencana berjalan tepat dan cepat.

Baca Juga: Gunung Semeru Erupsi, Simak Instruksi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

Baca Juga: Gunung Semeru Meletus, Luncurkan Hujan Abu Vulkanik, Puluhan Warga Desa Sumberwuluh Lumajang Mengungsi

"Kami datang untuk memastikan tahap-tahap penanganan darurat, khususnya penanganan pengungsi ini bisa berjalan secara tepat dan cepat. Dan tentunya, kebutuhan dasar dari pengungsi ini akan kami yakinkan untuk dapat terfasilitiasi secara optimal," katanya Suharyanto sebagaimana dikutip Antara dalam siaran pers BNPB.

Data sementara

Berdasarkan data sementara yang dihimpun oleh Pusat Pengendali dan Operasi BNPB pada Sabtu 4 Desember 2021, guguran awan panas Gunung Semeru berdampak ke enam desa di dua kecamatan di Kabupaten Lumajang. Kemudian, guguran abu vulkanik gunung api tersebut berdampak ke 11 desa/kelurahan di sembilan kecamatan.

Letusan Gunung Semeru telah menyebabkan satu warga meninggal dunia, dua orang hilang, delapan sampai sepuluh orang terjebak, 70 orang dibawa ke puskesmas, dan 300 keluarga mengungsi.***

Editor: Hasbi

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x