Prakiraan BMKG Minggu 5 Desember 2021, Hujan di Sebagian Besar Wilayah dan Potensi Banjir

- 5 Desember 2021, 10:39 WIB
Ilustrasi hujan lebat.* Prakiraan BMKG Minggu 5 Desember 2021, terjadi hujan di sebagian besar wilayah Indonesia dan berpotensi banjir.
Ilustrasi hujan lebat.* Prakiraan BMKG Minggu 5 Desember 2021, terjadi hujan di sebagian besar wilayah Indonesia dan berpotensi banjir. /Publicdomainpicture/Pixabay

Literasi News - Prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Minggu 5 Desember 2021, terjadi hujan di sebagian besar wilayah Indonesia.

Selain itu, BMKG juga memperingatkan sejumlah provinsi harus mewaspadai kemungkinan terjadinya banjir.

Berdasarkan data prakiraan cuaca BMKG yang dilansir Antara, hujan berpotensi turun antara lain di Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Prakiraan terjadi hujan terjadi pula antara lain di Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Maluku.

Baca Juga: BNPB Terjunkan Tim Reaksi Cepat dan Bantuan Logistik Bagi Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Baca Juga: BNPB Terjunkan Tim Reaksi Cepat dan Bantuan Logistik Bagi Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Sementara di DKI Jakarta, hujan ringan diprakirakan turun di Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu pada siang dan malam hari. Hujan ringan juga berpotensi turun pada malam hari di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, yang pada siang hari diprakirakan menghadapi hujan disertai petir.

Siaga dan Waspada Banjir

BMKG menyampaikan peringatan bahwa wilayah Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan masuk dalam kategori siaga banjir.

Selain itu, menurut BMKG, ada sejumlah provinsi yang masuk dalam kategori waspada banjir seperti Aceh, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Kepulauan Bangka Beltiung, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Banten.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x