Cuaca Hari Ini Selasa 16 November 2021, BMKG: Waspada Potensi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

- 16 November 2021, 09:44 WIB
Ilustrasi hujan lebat.* BMKG mengingatkan agar masyarakat  waspada potensi hujan lebat disertai angin kencang.
Ilustrasi hujan lebat.* BMKG mengingatkan agar masyarakat waspada potensi hujan lebat disertai angin kencang. /pixabay.com/PublicDomainPictures

Literasi News - Informasi cuaca hari ini Selasa 16 November 2021. Masyarakat agar waspada terhadap potensi hujan lebat yang disertai kilat dan angin kencang di sejumlah daerah di Indonesia.

Demikian prakiraan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dalam keterangan yang dilansir Antara. Prakiraan BMKG itu dilaporkan dalam sistem peringatan dini cuaca.

Disebutkan, BMKG memprakirakan wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang seperti di Aceh, Bali, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Gorontalo.

Baca Juga: Cegah Kenaikan Kasus Covid-19, Pemerintah Berencana Melarang Perayaan Tahun Baru

Selanjutnya, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku.

Kemudian terjadi di Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Palua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi dan Sulawesi Tenggara.

Fenomena La Nina

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap datangnya fenomena La Nina menjelang akhir tahun 2021 ini.

Berdasarkan monitoring terhadap perkembangan terbaru dari data suhu permukaan laut di Samudra Pasifik bagian tengah dan timur, menunjukkan saat ini nilai anomali telah melewati ambang batas La Nina, yaitu sebesar -0,61 pada Dasarian I Oktober 2021.

Kondisi ini, menurut dia, berpotensi untuk terus berkembang dan masyarakat serta pemerintah harus segera bersiap menyambut kehadiran La Nina yang diprakirakan akan berlangsung dengan intensitas lemah hingga sedang hingga Februari 2022.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x