Waspada Ada 57 Titik Banjir di Jawa Barat, Berikut Catatan BPBD

- 12 November 2021, 13:28 WIB
Seorang petugas dari BPBD Garut memperhatikan bebatuan besar yang tersisa di aliran sungai pascaperistiwa banjir bandang di Desa Sukalilah, Kecamatan Sukaresmi, Garut, Sabtu 6 November 2021 lalu.* Ada 57 titik banjir di sejumlah wilayah di Jawa Barat  selama dua pekan terakhir ini. Simak penjelasan BPBD Jabar.
Seorang petugas dari BPBD Garut memperhatikan bebatuan besar yang tersisa di aliran sungai pascaperistiwa banjir bandang di Desa Sukalilah, Kecamatan Sukaresmi, Garut, Sabtu 6 November 2021 lalu.* Ada 57 titik banjir di sejumlah wilayah di Jawa Barat selama dua pekan terakhir ini. Simak penjelasan BPBD Jabar. /kabar-priangan.com/Aep Hendy/

Literasi News - Tercatat ada 57 titik banjir di sejumlah wilayah di Jawa Barat (Jabar) selama dua pekan terakhir ini.

Hal itu disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat dalam memantau kondisi daerah selama musim hujan ini.

Kepala BPBD Jabar Dani Ramdan menjelaskan, update per 12 November 2021, ada 57 titik banjir atau 57 kejadian bencana banjir di Jawa Barat," katanya dalam acara Jabar Punya Informasi (Japri) di Bandung, Jumat 12 November 2021.

Menurut Dani Ramdan, wilayah Jawa Barat saat ini belum memasuki puncak musim hujan, dan diprediksi puncak musim hujan di Jawa Barat akan terjadi pada Januari hingga Februari 2022.

"Artinya kewaspadaan (bencana alam) harus kita tingkatkan. Namun jika dilihat dari bulan sebelumnya ini memang ada peningkatan cukup signifikan dari jumlah kejadian banjir dan longsor sejak Oktober dan November ini," ujarnya.

Baca Juga: Segera Lakukan Mitigasi Bencana, Simak Instruksi Wapres Kepada Seluruh Kepala Daerah

Dani Ramdan mengatakan, sesuai dengan instruksi Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil yang meminta BPBD untuk siaga satu menghadapi potensi bencana alam di musim hujan ini pihaknya telah menyiapkan sejumlah antisipasi.

Salah satunya, BPBD Jawa Barat telah mendirikan posko tanggap darurat di sejumlah daerah yang rawan terjadi bencana alam.

"Sesuai instruksi Pak Gubernur Jabar yang meminta kami siaga satu. Maka hal ini ditandai dengan aktivitas posko-posko tanggap darurat," katanya.

Menurut Dani Ramdan, ada sejumlah kabupaten/kota di Jawa Barat yang masuk dalam daerah rawan bencana alam di musim hujan.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x