Indonesia Siap Menuju Endemi, Satgas: Jika Kasus Covid-19 di Lima Provinsi Ini Segera Ditekan

- 9 November 2021, 22:27 WIB
Ketua Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.  Dia menilai Indonesia dinilai semakin siap menuju endemi dari situasi pandemi Covid-19 saat ini.
Ketua Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Dia menilai Indonesia dinilai semakin siap menuju endemi dari situasi pandemi Covid-19 saat ini. /kominfo.go.id/

Literasi News - Indonesia dinilai semakin siap menuju endemi dari situasi pandemi Covid-19 saat ini. Namun, kondisi itu bisa tercapai jika jumlah kasus Covid-19 di lima provinsi yang sekarang naik dapat segera ditekan.

Demikian disampaikan oleh Ketua Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, saat menyampaikan keterangan pers PPKM yang diikuti Antara melalui YouTube BNPB di Jakarta, Selasa 9 November 2021 petang.

Wiku Adisasmito menjelaskan, periode 1-7 November 2021 tercatat penurunan kasus sebesar 12,2 persen dibandingkan dengan pekan lalu. "Penurunan ini adalah penurunan pekan ke-16 berturut-turut dari puncak kasus kedua pada Juli lalu," katanya.

Meskipun demikian, Wiku menyayangkan di saat kasus Covid mengalami penurunan, justru terdapat lima provinsi yang mencatatkan kenaikan kasus positif tertinggi jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya.

Baca Juga: Harga Obat Antivirus Covid-19 Molnuvirapir Di Bawah Rp1 Juta, Simak Penjelasan Menteri Kesehatan

Lima provinsi itu antara lain Papua Barat yang naik 100 kasus, Daerah Istimewa Yogyakarta naik 77 kasus, DKI Jakarta naik 46 kasus, Sulawesi Tenggara naik 7 kasus dan Kepulauan Bangka Belitung naik 5 kasus.

Kendati penambahan ini terbilang sedikit, tutur Wiku, namun harus dicermati karena terhitung besar jika dibandingkan dengan provinsi lain yang tidak mengalami kenaikan kasus.

Menurut Wiku, angka kematian juga terus menurun seiring penurunan angka kasus positif di Indonesia. Bahkan penurunan angka kematian di pekan ini lebih rendah dari penurunan angka kasus positif yaitu turun 31,7 persen.

"Apabila indikator kasus positif, meninggal dan kasus aktif ini dapat segera diturunkan maka perkembangan kasus Covid-19 di tingkat nasional akan membaik, dan kita akan semakin siap menuju endemi Covid-19," katanya.***

Editor: Hasbi

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x