BMKG: Waspada Hujan Lebat Picu Banjir di Sejumlah Provinsi, Wilayah Mana Saja?

- 8 November 2021, 09:17 WIB
Ilustrasi banjir di kawasan Indonesia. BMKG menyatakan potensi hujan lebat berisiko menimbulkan banjir di sejumlah provinsi di Indonesia.
Ilustrasi banjir di kawasan Indonesia. BMKG menyatakan potensi hujan lebat berisiko menimbulkan banjir di sejumlah provinsi di Indonesia. /@InfoHumasBMKG/

Literasi News - Potensi hujan lebat berisiko menimbulkan banjir di sejumlah provinsi di Indonesia, baik itu provinsi di wilayah Pulau Jawa, Sumatera, maupun Kalimantan.

Oleh karena itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan.

Berdasarkan prakiraan cuaca di laman BMKG seperti dilansair Antara pada Senin 8 November 2021, hujan lebat disertai angin kencang dan kilat dapat terjadi di sejumlah provinsi.

Antara lain provinsi Aceh, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Kemudian provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, dan Papua juga berpeluang menghadapi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.

Baca Juga: BPBD: Wisatawan Pesisir Selatan Agar Tidak Berenang, Ada Ancaman Gelombang Tinggi Laut

Baca Juga: UPDATE: 78,9 Juta Warga Sudah Terima Dua Dosis Vaksin Covid-19 Hingga Minggu 7 November 2021

Sementara itu, hujan dengan intensitas yang lebih ringan berpotensi terjadi di provinsi Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Sulawesi Selatan, dan Papua Barat.

Kemudian di provinsi DKI Jakarta, hujan ringan diprakirakan terjadi pada siang dan malam hari di Jakarta Barat dan Jakarta Pusat. Hujan sedang diprakirakan turun di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang hari, dan hujan ringan diprakirakan turun di Jakarta Utara pada malam dan dini hari.

Sedangkan wilayah Kepulauan Seribu di Provinsi DKI Jakarta diprakirakan mengalami hujan ringan siang hari dan hujan disertai petir pada malam dan dini hari.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x