BPBD: Wisatawan Pesisir Selatan Agar Tidak Berenang, Ada Ancaman Gelombang Tinggi Laut

- 7 November 2021, 17:19 WIB
Ilustrasi gelombang laut. BPBD mengingatkan wisatawan di pesisir Selatan agar tidak berenang. Hal ini karena adanya gelombang tinggi laut.
Ilustrasi gelombang laut. BPBD mengingatkan wisatawan di pesisir Selatan agar tidak berenang. Hal ini karena adanya gelombang tinggi laut. /Pexels/Sascha Thiele

Literasi News - Wisatawan yang mengunjungi pesisir selatan agar tidak berenang di sekitar pantai untuk menghindari kecelakaan di laut. Hal itu karena adanya ancaman gelombang tinggi laut.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten, Nana Suryana, mengatakan, pihaknya terus mengingatkan wisatawan dapat mematuhi imbauan tersebut.

"Ketinggian gelombang selatan antara 2,5 sampai 4,0 meter dan membahayakan bagi wisatawan yang berenang di sekitar pantai, " katanya saat dihubungi Antara di Lebak Banten, Minggu 7 November 2021.

Disebutkan, pesisir pantai selatan Kabupaten Lebak hingga kini sangat membahayakan bagi wisatawan yang melakukan kegiatan berenang. Cuaca buruk di pesisir pantai selatan itu bisa memicu gelombang laut dengan ketinggian antara 2,5 meter sampai 4,0 meter.

Baca Juga: Volume Lalu Lintas Diprediksi Meningkat Hingga Akhir Tahun 2021, Simak Penjelasan Jasa Marga

Kondisi tersebut, menurut Nana, busa membahayakan bagi wisatawan yang berenang, karena dapat terseret gelombang besar yang tidak diprediksi.

"Kami merasa prihatin hari ini atas musibah yang menimpa wisatawan dari Bekasi yang terseret ombak di Pantai Ciantir kawasan Sawarna dan kini masih dalam pencarian," katanya.

Berdasarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) peringatan cuaca buruk itu agar para nelayan, pelaku pelayaran, dan wisatawan dapat mematuhi peringatan kewaspadaan tersebut.

Baca Juga: Cegah Vaksin Kedaluwarsa, Kemenkes Minta Pemda Cermat Kelola Stok Vaksin

BPBD Banten juga sudah menyampaikan surat peringatan kewaspadaan kepada aparat kecamatan, nelayan, pengelola wisata, pengusaha hotel, PPI Binuangeun, Lanal Banten, relawan Balawista, dan TPI setempat.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x