Dilaknat Warganet, Video Pelecehan Indonesia Raya dari akun My Asean Sudah Hilang

- 28 Desember 2020, 14:44 WIB
Lagu Indonesia Raya dan Garuda Pancasila dilecehkan
Lagu Indonesia Raya dan Garuda Pancasila dilecehkan /Antara/

Literasi News - Setelah ramai dilaknat warganet, video parodi lagu Indonesia Raya saat ini sudah di-take down dari Youtube. Video itu diunggah sebuah akun youtube yaitu MY Asean dengan gambar profilnya adalah bendera Malaysia.

Akun itupun sudah tidak ada lagi. Namun, warganet masih sempat meng-capture akun MY Asean serta gambar yang melecahkan Indonesia.

Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Kuala Lumpur, Yoshi Iskandar mengatakan, KBRI di Kuala Lumpur sudah berkoordinasi dengan Kemenlu untuk meminta Polisi Diraja Malaysia (PDRM) mengusut pelaku pembuatan video parodi Indonesia Raya.

Baca Juga: Lagu Indonesia Raya, Garuda Pancasila, dan Bung Karno Dilecehkan Warga Malaysia

"Begitu video naik kami langsung koordinasi dengan PDRM dan Kemenlu di sini. Dari situ kemudian keluar pernyataan dari Kedutaan Malaysia. Itu hasil koordinasi kami dengan pihak Kemenlu guna meredam situasi yang kita lihat kini karena ramai di media dan banyak komentar," ujarnya, Senin, 28 Desember 2020, dikutip dari www.pmjnews.

Jubir Kemenlu Teuku Faizasyah menegaskan, video itu awalnya diunggah oleh salah satu akun YouTube berlogo bendera Malaysia. Video itu berjudul 'Indonesia Raya Instrumental (Parody+Lyrics Video)'.

Baca Juga: Benarkah, 2021 Ekonomi Global Akan Membaik, berikut penjelasan guru besar unpad

Di video itu, ada ayam berlambang Pancasila dengan latar warna Merah Putih. Video diawali dengan suara ayam berkokok. Aransemen lagu hampir sama dengan lagu 'Indonesia Raya'.

Namun, liriknya secara garis besar berisi penghinaan terhadap Indonesia. Ada juga yang menyinggung Presiden Jokowi dan Presiden RI ke-1, Soekarno.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x