Sekolah Dibuka Januari, Syaiful Huda: Harus dengan Protokol Ketat

- 20 November 2020, 12:10 WIB
Ketua komisi X DPR RI Syaiful Huda
Ketua komisi X DPR RI Syaiful Huda /Literasi News/Zaenal Mutaqin

 

literas News – Rencana pemerintah membuka sekolah untuk pembelajaran tatap muka di bulan Januari 2021 mendapatkan dukungan Komisi X DPR. Kendati demikian pembukaan sekolah ini harus disertai penerapan protokol Kesehatan secara ketat

“Kami mendukung pembukaan sekolah untuk pembelajaran tatap muka. Tetapi hal itu harus dilakukan dengan protokol Kesehatan ketat karena saat ini penularan wabah Covid-19 masih terus berlangsung. Bahkan menunjukkan tren peningkatan dalam minggu-minggu terakhir ini,” ujar Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda, dalam rilis yang diterima Literasi News Jumat (20/11/2020).

Dia menjelaskan pembukaan sekolah tatap muka memang menjadi kebutuhan, utamanya di daerah-daerah.

Hal ini terjadi karena pola pembelajaran jarak jauh (PJJ) tidak bisa berjalan efektif karena minimnya sarana prasarana pendukung seperti tidak adanya gawai dari siswa dan akses internet yang tidak merata. Padahal di satu sisi, para siswa harus tetap mendapatkan materi pembelajaran.

Baca Juga: Catat, Pembayaran Batuan Subsidi Upah Kemendikbud Rp1,8 juta bisa Dibatalkan. Simak Penjelasannya

“Di beberapa daerah siswa selama pandemic Covid-19 benar-benar tidak bisa belajar karena sekolah ditutup. Kondisi ini sesuai dengan laporan terbaru World Bank (WB) terkait dunia Pendidikan Indonesia akan memunculkan ancaman loss learning atau kehilangan masa pembelajaran bagi sebagian besar peserta didik di Indonesia,” katanya.

Ancaman loss learning ini, kata Huda tidak bisa dianggap remeh. Menurutnya kondisi tersebut akan memunculkan efek domino di mana peserta didik akan kehilangan kompetensi sesuai usia mereka.

Hal itu juga telah disinggung dalam laporan Unicef tentang dampak pandemic bagi anak di Indonesia beberapa waktu lalu. Lebih parah lagi jika peserta didik kemudian harus putus sekolah karena tidak mempunyai biaya atau terpaksa harus membantu orang tua mereka.

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x