Tanpa Tahapan Ini, Sekolah Jangan Harap Bisa Lakukan KBM Tatap Muka

- 14 Oktober 2020, 12:13 WIB
Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda
Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda /Dok.Literasi news/

Literasi News – Meski pandemi Covid-19 belum reda, tetapi sejumlah daerah sudah mulai mempersiapkan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka.

Beberapa daerah yang sudah menjajal KBM Tatap Muka ini di antaranya Solo dan Temanggung, Jawa Tengah serta beberapa kabupaten/kota di Jawa Timur.

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda menegaskan, jika mengacu pada hasil simulasi KBM tata muka ini memang memungkinkan, tetapi protokol kesehatan harus benar-benar dijalankan secara serius,” ujar Syaiful Huda, Rabu (14/10/2020).

Baca Juga: Meski Dibayangi Sentimen Negatif,Kurs Rupiah Menguat

Dikatakan, pemerintah telah memberikan kelonggaran bagi wilayah dengan zona hijau dan kuning untuk menggelar KBM tatap muka.

Namun demikian, tegas dia, ada beberapa tahapan yang wajib dilaksanakan sebelum KBM tatap muka benar-benar diterapkan.

Pertama, pemerintah daerah harus mengkaji betul kesiapan mereka sebelum menerapkan KBM tatap muka, karena kesehatan guru, siswa, dan keluarga siswa benar-benar dipertaruhkan di sana.

Baca Juga: Dibutuhkan Pengajar Praktik (pendamping) bagi Program Guru Penggerak, Pendaftaran mulai 20 Oktober

Terpenting, tahapan yang harus dilakukan adalah menyiapkan protokol kesehatan, simulasi, hingga persetujuan orang tua siswa. Satuan pendidikan harus memastikan adanya tempat mencuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh, pengaturan tempat duduk dan belajar siswa dengan jarak yang aman sesuai protokol ksehatan.

Halaman:

Editor: Atep Abdillah Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah