Alhamdulillah, Kemenag Cairkan Rp381 Miliar BOP untuk 28.841 Raudlatul Athfal di Seluruh Indonesia

- 24 Maret 2023, 14:01 WIB
Ilustrasi gedung Kemenag. Kemenag segera mencairkan Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Raudlatul Athfal (RA) Tahun 2023.
Ilustrasi gedung Kemenag. Kemenag segera mencairkan Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Raudlatul Athfal (RA) Tahun 2023. /kemenag.go.id

Literasi News - Kementerian Agama (Kemenag) RI mencairkan Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Raudlatul Athfal (RA) Tahun 2023.

Dirjen Pendidikan Islam Kemenag M Ali Ramdhani menjelaskan bahwa pihaknya sudah memproses pencairan dana BOP-RA ini sejak dua pekan lalu.

Seperti diketahui, jika Bantuan Operasional Sekolah (BOS) diperuntukkan bagi pendidikan dasar dan menengah, BOP khusus untuk RA. Yaitu, lembaga pendidikan setingkat Taman Kanak-kanak yang menjadi binaan Kementerian Agama.

"Anggaran sebesar Rp381 miliar sudah berada di rekening bank penyalur (RPL). Pihak RA sudah bisa mulai memproses pencairannya sesuai juknis yang diterbitkan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam," kata M Ali Ramdhani di Jakarta, Jumat 24 Maret 2023, seperti dilansir Literasinews dari laman resmi Kemenag.

Baca Juga: Bacaan Doa Buka Puasa Ramadan Arab Latin dan Artinya, Lengkap Cara Sederhana Rasulullah Berbuka Puasa Ramadhan

Dia menjelaskan, proses yang saat ini berjalan merupakan pencairan BOP RA tahap I. Anggaran tersebut akan diperuntukkan bagi 28.841 RA seluruh Indonesia.

"Beberapa waktu lalu saya telah menyetujui pencairan tersebut. Sesuai prosedur, dana tersebut sudah cair dari Ditjen Perbendaharaan (DJPb) ke rekening bank penyalur BOP milik Pendis Kemenag untuk kemudian dicairkan ke rekening masing-masing RA," tuturnya.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Moh. Isom menjelaskan, pada pencairan tahap I, BOP akan dicairkan untuk 1.270.963 siswa RA. Unit cost BOP ini sebesar Rp600 ribu per siswa sebagaimana unit cost tahun sebelumnya.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: Kemenag


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x