Rekomendasi Makanan dan Minuman Buka Puasa untuk Kesehatan Tubuh, Nutrisi Tetap Seimbang Saat Ramadhan

- 24 Maret 2023, 06:00 WIB
Rekomendasi Makanan dan Minuman Buka Puasa untuk Kesehatan Tubuh, Nutrisi Tetap Seimbang.
Rekomendasi Makanan dan Minuman Buka Puasa untuk Kesehatan Tubuh, Nutrisi Tetap Seimbang. /iStock

Literasi News – Hidangan apa sih yang selalu didambakan ketika berbuka puasa di bulan Ramadhan?. Kebanyakan orang mungkin akan berpikir untuk memakan atau menghidangkan makanan yang lezat dan sebanyak mungkin.

 


Salah satu tujuan dari puasa selain untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, Yaitu sebagai sarana melatih pola hidup kita selanjutnya, seperti menjaga kesehatan, menahan diri, dan sebagainya. Maka ketika waktu berbuka, agar tubuh kita tetap sehat.

Berikut ini adalah jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dikomsumsi yang dikutip dari fitnessfirst.co.id agar tubuh mendapatkan nutrisi seimbang :

Baca Juga: 6 Tips Diet Saat Puasa, Auto Langsing di Hari Lebaran

1. Karbohidrat kompleks: Karbohidrat pelepas lambat, yang membantu menjaga gula darah dan memberi Anda perasaan kenyang. Oat, gandum, biji-bijian, dan lentil adalah contoh karbohidrat kompleks.

2. Makanan kaya protein: Ini termasuk makanan susu seperti keju dan yoghurt, ikan dengan kandungan omega 3 dan 6 yang tinggi (seabass, udang, salmon), daging, dan kacang-kacangan seperti kacang kedelai.

3. Makan buah dan sayur setiap hari
Konsumsilah buah dan sayur minimal 7 porsi, terutama yang memiliki kandungan air tinggi seperti timun, semangka, pepaya, jeruk, bayam, atau tomat. Anda dapat memilih untuk memakannya mentah atau mencampurnya dalam juicer dan meminumnya.

4. Siapkan sup sebagai santapan sehari-hari untuk berbuka puasa
Setelah seharian berpuasa dan perut kosong, Anda disarankan untuk mengonsumsi hidangan yang menenangkan dan hangat, dan sup mungkin menjadi kandidat yang baik. Sup dapat dengan mudah dicerna oleh tubuh Anda dan dapat mengisi tubuh Anda dengan cairan serta menyediakan vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan. Anda dapat memilih untuk memiliki sup bening atau versi kental dari sup seperti chowder atau stew.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x