Sering Salah, Ini 5 Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar

- 1 Maret 2023, 19:50 WIB
Ilustrasi manfaat lidah buaya selain menghilangkan bekas luka bakar.
Ilustrasi manfaat lidah buaya selain menghilangkan bekas luka bakar. /PIXABAY/Ingoldfranziska

Literasi News - Luka bakar merupakan kerusakan pada permukaan kulit akibat panas yang mengenai kulit secara langsung. Penyebabnya adalah kontak langsung dengan sumber panas, seperti percikan minyak panas, setrika, kaki yang terkena knalpot, dan terpapar oleh bahan-bahan kimia.

Dilansir dari berbagai sumber luka bakar terbagi ke dalam 3 tingkatan, yaitu luka bakar derajat satu (terjadi di lapisan kulit terluar saja), luka bakar derajat dua (lapisan luar dan lapisan bawah kulit), dan luka bakar derajat tiga (tidak terbatas areanya).

Gangguan tersebut dapat menimbulkan bekas luka yang berkepanjangan, karena kolagen yang diproduksi untuk memperbaiki kulit yang terbakar, akan menimbulkan bekas berupa kulit yang berubah warna dan memebal.

Baca Juga: Spek Dewa! HP Samsung Galaxy A14 4G Kamera 50 MP Baterai 5000 mAh Kapan Rilis di Indonesia?

Berikut ini, ada 5 cara untuk mengatasi luka bakar yang bisa dilakukan di rumah.

1. Alirkan Air

Saat pertama kali terpapar sumber panas (misalnya, setrika), segeralah mengalirkan air dingin selama kurang lebih 30 menit pada daerah yang terkena. Suhu air yang cocok adalah normal (suhu ruangan), yakni tidak dingin dan tidak juga panas. Guyuran air yang mengalir dimaksudkan agar suhu air selalu konstan, tidak mengikuti suhu tubuh. Tujuannya agar panas yang timbul akibat luka bakar tidak menjalar ke jaringan yang lebih dalam.

2. Lepaskan Aksesoris

Lepaskan semua aksesoris, seperti jam tangan, cincin, gelang, atau kalung yang menutupi atau berada di sekitar area luka bakar. Hindarkan semua aksesoris tersebut dengan cepat untuk mencegah terjadinya pembengkakan.

3. Lidah Buaya

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x