Mila Rosanti ; Program Magang Vokasi Mengantar Kartini Cikawung Menembus Komatsu

- 2 November 2022, 07:30 WIB
Mila Rosanti Program Magang Vokasi Mengantar Kartini Cikawung Menembus Komatsu
Mila Rosanti Program Magang Vokasi Mengantar Kartini Cikawung Menembus Komatsu /Kemendikbud /

Literasi News- Mendapat kesempatan magang kala SMK kian membuat Mila Rosanti percaya diri mengembangkan passion-nya di industri alat berat.

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus mendorong kerja sama antara satuan pendidikan vokasi dengan dunia usaha, industri maupun kerja.

Melalui sekolah menengah kejuruan (SMK) misalnya, saat pandemi Covid-19 lalu pemerintah tetap memberi perhatian khusus pentingnya praktik kerja lapangan (PKL) atau magang melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 50 Tahun 2020. Peraturan ini mengatur tentang Praktik Kerja Lapangan bagi Peserta Didik yang dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan monitoring, serta evaluasi.

Baca Juga: Garut Resmi Miliki Perda Pesantren, Wakil Ketua DPRD : Kado Peringatan Hari Santri Nasional

Bahkan, dalam Kurikulum Merdeka, siswa SMK diwajibkan magang hingga 6 bulan dari yang sebelumnya berkisar 2-3 bulan. Bukannya mengapa, selain memperoleh ilmu langsung dari industri, magang juga turut membawa penyesuaian budaya industri ke dalam lingkungan sekolah.

Salah satu dampak signifikan magang di industri tercermin melalui Mila Rosanti, sosok perempuan alumni SMK Industri Logam Situraja, Sumedang, yang begitu merasakan “kenyamanan” kala magang di PT Komatsu Indonesia.

Mila Rosanti
Mila Rosanti

Tangis Pilu di Saat Lulus

Desa Cikawung, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, 15 Mei 2021. Mila Rosanti tidak dapat lagi menahan tangisnya. Padahal, dirinya baru saja dinyatakan lulus dari SMK Industri Logam Situraja, Sumedang, pada bulan yang sama.

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x