Pelajar Desa Neglasari Cianjur Bertaruh Nyawa Seberangi Sungai Untuk ke Sekolah, Berharap Dibangun Jembatan

- 3 Oktober 2022, 16:15 WIB
Sungai Cigonggang menjadi akses utama warga untuk melakukan aktivitas keseharian, termasuk bagi para pelajar untuk ke sekolah.
Sungai Cigonggang menjadi akses utama warga untuk melakukan aktivitas keseharian, termasuk bagi para pelajar untuk ke sekolah. /Literasi News/Nabiel Purwanda

Literasi News - Puluhan pelajar di Desa Neglasari, Kecamatan Agrabinta, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat harus bertaruh nyawa untuk dapat tiba di sekolah dengan menyeberangi Sungai Cigonggang, karena tidak adanya akses jembatan di wilayah itu.

Setiap hari para pelajar mulai dari tingkat SD hingga SMA saling membantu untuk dapat sampai di ujung seberang sungai dengan arus yang cukup deras.

Sungai Cigonggang menjadi akses utama warga untuk melakukan aktivitas keseharian.

Kepala Desa Neglasari, Nasihin mengatakan, sungai tersebut merupakan sungai yang menghubungkan dua kampung, yaitu Kampung Neglasari Ciakar, RT 07/04 dan kampung Cikahuripan RT 14/05 Desa Neglasari.

Disebutkan Nasihin, jika hujan deras dan debit air sungai tinggi, para pelajar tidak bisa berangkat sekolah khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Bahkan, berhari-hari tidak sekolah akibat masih derasnya arus sungai.

Baca Juga: Bangunan SDN Sukagalih di Cianjur Rusak Parah, Siswa Terpaksa Belajar Secara Bergiliran

"Sungai ini memang menjadi akses warga untuk melakukan aktivitas keseharian mereka. Bahkan, para pelajar sekolah juga ketika berangkat mereka menyeberangi sungai,” kata Nasihin, kepada wartawan, Senin 3 Oktober 2022.

Nasihin mengungkapkan, jika arus sungai dan debit air meningkat, warga dan para pelajar di dua kampung itu terpaksa mengurungkan aktivitasnya.

"Para pelajar ini bahkan bisa sampai satu minggu tidak sekolah karena kondisi air di sungai sangat deras. Ada jalan pintas, tapi jaraknya sangat jauh," ungkapnya.

Nasihin menyebutkan, akibat tidak adanya akses jembatan di wilayah itu, tidak sedikit warga dan pelajar yang terpeleset saat mencoba menyeberangi Sungai Cigonggang.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x