Dorong Pelajar SMA Bertalenta Digital, Kemendikbudristek: Jadikan Internet Lebih Ramah Bagi Remaja

- 18 Juli 2022, 10:17 WIB
Kemendikbudristek melalui Direktorat Sekolah Menengah Atas (SMA), Ditjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen menghelat Bimbingan Teknis (Bimtek) Peserta Didik Ramah Digital.
Kemendikbudristek melalui Direktorat Sekolah Menengah Atas (SMA), Ditjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen menghelat Bimbingan Teknis (Bimtek) Peserta Didik Ramah Digital. /Kemendikbudristek/

Literasi News - Kemendikbudristek melalui Direktorat Sekolah Menengah Atas (SMA), Ditjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peserta Didik Ramah Digital dalam Mencegah Perundungan, Kekerasan Seksual, dan Intoleransi Tahap II.

Kegiatan itu merupakan salah satu upaya bersama untuk memastikan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memiliki nilai tambah dalam kemajuan bangsa Indonesia, terutama menjadikan internet yang lebih ramah bagi remaja dan anak Indonesia.

"Kami menyampaikan terima kasih serta apresiasi kepada semua peserta yang telah hadir dan aktif mengikuti Bimtek. Esensi dari Bimtek ini tidak hanya kehadiran semata, namun bagaimana implementasi dan pengimbasannya di sekolah masing-masing secara nyata," kata Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur SMA, Winner Jihad Akbar.

Dia menjelaskan bahwa mulai tahun ajaran baru 2022/2023 Kemendikbudristek mendorong Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara penuh di seluruh tingkat satuan pendidikan.

"Melengkapi para pendidik jelang PTM penuh, di dalam Bimtek, para peserta telah mendapatkan materi menarik tentang gamifikasi, yaitu bagaimana menyajikan pembelajaran lewat permainan (game) sehingga peserta didik akan lebih tertarik dan minat belajar meningkat,” ujarnya.

Baca Juga: 25 SMA-SMK Swasta di Kota Bandung dan Cimahi Digratiskan Bagi 809 Siswa, Ini Penjelasan Kadisdik Jabar

Dukungan dari Kementerian/Lembaga juga menjadi bagian dari terselenggaranya Bimtek, salah satunya oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Hadir menjadi narasumber, Kepala Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi, Kemenkominfo, Hedi M. Idris yang menguraikan tentang Peta Jalan Indonesia Digital 2021-2024 yaitu terdiri atas: 1) Mempercepat perluasan akses, peningkatan infrastruktur digital, dan penyediaan layanan internet, 2) Mempersiapkan roadmap transformasi digital sektor strategis, 3) Mempercepat integrasi Pusat Data Nasional, 4) Menyiapkan talenta digital, dan 5) Menyiapkan regulasi, skema pendanaan, dan pembiayaan transformasi digital.

Narasumber lainnya, Koordinator Kelompok Pengelolaan Audit Keamanan Informasi, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Firdaus Kifli menjelaskan pentingnya membentuk budaya kesadaran keamanan siber dari sekolah lewat program dari BSSN bertajuk “CODY Goes to School”.***

Editor: Hasbi

Sumber: Kemendikbudristek


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x