Dana Abadi Perguruan Tinggi Direspons Positif Para Rektor, Mendikbudristek: Tingkatkan Kualitas Pendidikan

- 28 Juni 2022, 12:23 WIB
Merdeka Belajar Episode Ke-21: Dana Abadi Pendidikan Tinggi telah diluncurkan. Ini pesan Mendikbudristek Nadiem Makarim.
Merdeka Belajar Episode Ke-21: Dana Abadi Pendidikan Tinggi telah diluncurkan. Ini pesan Mendikbudristek Nadiem Makarim. /Kemendikbudristek/

Literasi News - Merdeka Belajar Episode Ke-21: Dana Abadi Pendidikan Tinggi telah diluncurkan. Sejumlah pemimpin perguruan tinggi menyampaikan apresiasi dan menyambut baik kebijakan tersebut.

Dana Abadi Perguruan Tinggi ini merupakan kolaborasi antara Kemendikbudristek dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang di bawah Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menyiapkan dana abadi sebesar Rp7 triliun, yang bunganya akan disalurkan pada Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) yang berhasil menggalang dana dari masyarakat.

Mendikbudristek Nadiem Makarim mengatakan, kualitas pendidikan tinggi di Indonesia harus meningkat guna menghadapi tantangan di tingkat nasional dan lokal. Mengingat investasi dalam dunia pendidikan tinggi memiliki potensi dampak terbesar dalam membangun sumber daya manusia yang unggul.

"Oleh sebab itu, pendanaan pendidikan tinggi di Indonesia masih perlu ditingkatkan agar kampus-kampus kita bisa bersaing di tingkat dunia," Mendikbudristek, pada peluncuran Merdeka Belajar Episode Ke-21: Dana Abadi Pendidikan Tinggi, di Jakarta, kemarin.

Baca Juga: Dukung Percepatan Digitalisasi Pendidikan di Indonesia, Berikut Penjelasan Mendikbudristek

Apresiasi dari perguruan tinggi di antaranya disampaikan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM), Ova Emilia. Ia mengungkapkan bahwa dirinya mengapresiasi dan bersyukur atas kebijakan Dana Abadi Perguruan Tinggi ini.

"Selama tujuh tahun berturut-turut, reputasi UGM pada pemeringkatan dunia selalu meningkat. Pencapaian ini merupakan kerja keras pemangku kepentingan UGM untuk menjalankan peran masing-masing menjalankan visi-misi UGM. Oleh karena itu, Dana Abadi ini akan sangat membantu peningkatan upaya peningkatan reputasi UGM dan kampus negeri lainnya," tuturnya.

"Semoga perguruan tinggi negeri di Indonesia dapat semakin mampu menunjukkan kontribusinya di dunia dan mendapat pengakuan global,” tambahnya.

Baca Juga: Pengumuman SBMPTN 2022, Cara Lihat Skor UTBK SBMPTN 2022 Lewat Link https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id

Rektor Universitas Indonesia, Ari Kuncoro, mengucapkan terima kasih atas dukungan Kemendikbudristek dan LPDP atas terbitnya kebijakan ini, sehingga UI dapat terus meningkatkan kualitas dan kapasitas bersaing secara global.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: Kemendikbudristek


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x