Mendidik Karakter Siswa Melalui Pesantren Kilat di Sekolah, Begini Caranya

- 4 April 2022, 18:27 WIB
Aktivitas belajar-mengajar di Ponpes Daarul Muthmainnah, Cibaligo, Desa Cihanjuang, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Pada Ramadhan 1443 H ponpes ini menggelar pesantren kilat SaQuRa.*
Aktivitas belajar-mengajar di Ponpes Daarul Muthmainnah, Cibaligo, Desa Cihanjuang, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Pada Ramadhan 1443 H ponpes ini menggelar pesantren kilat SaQuRa.* /

Literasi News - Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan kebaikan. Banyak orang berlomba untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya.

Setiap kebaikan akan dilipatgandakan pahalanya. Maka dari itu di sekolah diadakan pesantren kilat yang gunanya untuk menambah pahala setiap siswa maupun guru dan pembimbing serta mendidik karakter supaya lebih baik dan bagus lagi.

Bagaimana caranya? Seperti dikutip Literasinews.com dari akun Instagram @sekolahdasar_net. Berikut ini adalah beberapa cara mendidik karakter siswa melalui pesantren kilat di sekolah:

Baca Juga: 10 Amalan Saat Puasa Ramadhan untuk Menambah Pahala

1. Tadarus Al Quran dapat dilaksanakan di dalam kelas dengan dibimbing oleh guru maupun tutor sebaya. Tutor sebaya ini merupakan teman mereka sendiri yang mempunyai kemampuan lebih dalam bidang membaca Al Quran. Dengan tadarus ini maka siswa akan dilatih supaya terbiasa untuk membacanya.

2. Lomba kaligrafi dilakukan untuk kolaborasi kemampuan siswa dalam membuat tulisan yang indah dalam bentuk Arab. Sehingga jiwa seninya akan muncul. Hal ini merupakan sebuah seni rupa islam yang ditulis dengan menggunakan pena untuk merangkai tulisan Arab.

3. Sholat dzuhur serta ashar dapat dilakukan secara berjamaah di ruangan yang besar supaya dapat menampung seluruh siswa yang ikut pesantren kilat. Mendidik siswa melalui pesantren kilat dengan kegiatan seperti ini akan melatih para siswa supaya melaksanakan shalat tepat waktu.

4. Pembelajaran Agama Islam tentang akhlak. Kegiatan pembelajaran agama islam bisa dilakukan didalam ruang kelas masing-masing dan didampingi oleh guru.

Dalam kegiatan ini maka siswa akan dibekali ilmu akhlak serta adab yang baik terhadap orang tua maupun guru dan ilmu fikih.***

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x